Peresmian Kerja Sama Tripartit: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UT, FBSB UNY, dan FKIP USD dalam Pengembangan Akademik, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBIS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP UT), Siti Hadianti, S.Pd., M.Pd. dan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBIN) FKIP UT, Nunung Supratmi, M.Pd. melakukan kunjungan ke beberapa perguruan tinggi terkemuka di Yogyakarta yaitu Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Sanata Dharma pada 4 Maret 2024 dalam rangka mempererat jalinan kerja sama. Wakil Dekan bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum dan beberapa ketua program studi FKIP UT turut serta dalam kunjungan tersebut. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kemitraan yang telah dilakukan selama ini dengan para dosen dari kedua institusi tersebut.

Kegiatan di Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diawali dengan sambutan dari UT yaitu Dra. Isti Rokhiyah, M. A. Ph.D. selaku Wakil Dekan bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Dekan bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi dan Usaha (RKSIU) UNY, Dr. Zulfi Hendri, M.Sn. Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen perjanjian kerja sama dan penyerahan cinderamata dari masing-masing institusi.

Setelah penandatanganan dokumen, kaprodi PBIS dan PBIN berdiskusi dengan para dosen dari UNY terkait kerja sama yang selama ini sudah dilakukan dan potensi kerja sama yang bisa terjalin ke depan dalam hal pengembangan produk akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kerja sama yang telah terjalin akan direkatkan dengan penandatanganan Implementation of Arrrangement (IA).

Pada tanggal 5 Maret 2024, rombongan dari FKIP melakukan kunjungan ke Universitas Sanata Dharma (USD). Pertemuan dilakukan di Ruang Gieles, Kampus I USD. Rombongan disambut oleh Dekan FKIP USD, Drs. Tarsisius Sarkim, M.Ed., Ph.D., Wakil Dekan I, Dr. Hongki Julie, M.Si., Wakil Dekan II, Dr. Cornelio Purwantini, S.Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta para dosen. Pada kesempatan ini, para Kaprodi juga bertemu dengan beberapa penulis modul UT.

Suasana yang akrab mengiringi penandatanganan perjanjian kerja sama antara FKIP USD dan FKIP UT oleh perwakilan dari kedua fakultas. Ruang lingkup kerja sama di antaranya dalam pengembangan produk akademik, kolaborasi penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan ramah tamah. Kerja sama ini diharapkan akan menjadi landasan bagi kolaborasi yang lebih erat di masa depan dan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan di Indonesia.