Workshop Penelaah Bahan Ajar FKIP Universitas Terbuka: Memperkaya Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh

Tangerang Selatan, 28/02/2024 – FKIP Universitas Terbuka, sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang mengutamakan pembelajaran jarak jauh telah menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “Workshop Penelaah Bahan Ajar Utama”. Kegiatan yang diadakan secara daring ini dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Peserta workshop merupakan dosen baik dari Universitas Terbuka maupun Perguruan Tinggi lain yang bekerjasama dengan Universitas Terbuka.

 

Kegiatan workshop ini dibuka dengan sambutan dari Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Mery Noviyanti, S.Si., M.Pd.  yang menyoroti pentingnya peran penelaah bahan ajar dalam mendukung pendidikan berkualitas. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Bahan Ajar Utama, menyamakan persepsi penelaah untuk menghasilkan bahan ajar yang sesuai dengan ketentuan dan format Universitas Terbuka, serta percepatan penyelesaian. Pada tahun ini, rencana bahan ajar yang akan di telaah berjumlah 261 dokumen modul yang merupakan bahan ajar utama dari sembilan program studi di lingkungan Universitas Terbuka.

 

Kegiatan ini secara rutin diselenggarakan setiap tahun sebagai bagian dari serangkaian upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh, sehingga menghasilkan bahan ajar yang berkualitas dan relevan. Ketersediaan bahan ajar yang berkualitas menjadi krusial untuk memastikan pengalaman belajar yang efektif bagi para mahasiswa.

Prof. Dra. Suciati, M.Sc., Ph.D., selaku pemateri menyampaikan bahwa “Dalam era digital ini, penelaahan bahan ajar tidak hanya tentang memastikan keakuratan fakta, tetapi juga tentang membangun pengalaman belajar yang menarik dan relevan bagi mahasiswa.” Beliau menyoroti pentingnya adaptasi konten pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Melalui workshop ini, beliau juga berharap para penelaah dan Dosen FKIP dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai strategi penelaahan bahan ajar serta dapat meningkatkan keterampilan dalam mengevaluasi, memilih, dan mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

 

Pada sesi selanjutnya, peserta dan pemateri berdiskusi secara interaktif dan berbagi pengalaman tentang praktik terbaik dalam menelaah dan memperbarui bahan ajar. Peserta juga diperkenalkan dengan berbagai metode penelaahan yang efektif, serta format dan ketentuan bahan ajar yang diberlakukan oleh Universitas Terbuka.

Workshop ini juga menitikberatkan pentingnya kerja sama antara dosen dan pengembang kurikulum dalam memastikan kualitas bahan ajar yang diperbarui secara berkala. Melalui kolaborasi yang erat, FKIP Universitas Terbuka berupaya untuk terus meningkatkan standar pembelajaran jarak jauh dan memastikan pengalaman belajar yang terbaik bagi para mahasiswa.

 

Persamaan persepsi penelaah bahan ajar adalah bagian dari implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi, sehingga dengan berakhirnya workshop ini, diharapkan peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan baru yang mereka peroleh dalam penelaahan bahan ajar, dan mampu memberikan kontribusi yang lebih baik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh di masa depan.