FKIP UT Gelar Rapat Tinjauan Manajemen 2024: Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Layanan Akademik

TANGERANG SELATAN– Rapat Tinjauan Manajemen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka (RTM FKIP UT) diadakan pada Senin dan Selasa, 26 s.d. 27 Februari 2024 di Gedung Serbaguna UT lantai 2. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh dekanat, kaprodi, tim GPM, dan tim satgas di lingkungan FKIP UT. Agenda utama yang dibahas dalam rangkaian kegiatan ini di antaranya evaluasi ketercapaian AMI dari standard 1 s.d. standard 9, presentasi kerja para wakil dekan, dan rencana kerja tahun 2024. RTM FKIP UT dibuka oleh Wakil Rektor 1, Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A.

Ketua tim GPM FKIP UT dalam laporannya memberikan gambaran komprehensif mengenai hasil perhitungan sasaran mutu akademik tahun 2023 dari masing-masing program studi di lingkungan FKIP. Poin-poin utama yang menjadi sorotan meliputi pengembangan bahan ajar, pengembangan bahan ujian, layanan bantuan belajar, penelitian dan artikel ilmiah, pengabdian kepada masyarakat, dan kemitraan. Lebih lanjut, dalam laporannya diuraikan bahwa setiap program studi perlu memberikan perhatian khusus pada beberapa aspek tertentu. Salah satunya adalah melakukan pendataan terhadap jumlah Buku Materi Pokok (BMP) yang memiliki usia lebih dari 5 tahun. Selain itu, pengembangan bahan ujian yang harus diperhatikan adalah setiap mata kuliah uji harus memiliki enam set soal Ujian Akhir Semester (UAS). Persentase mata kuliah yang dilengkapi dengan kit tutorial standar juga menjadi fokus. Tim GPM juga menekankan bahwa prodi perlu melakukan penelitian yang sesuai dengan bidang ilmu dan melibatkan mahasiswa, serta mencatat jumlah artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal nasional/internasional yang bereputasi. Aspek lainnya mencakup jumlah hasil Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah dan presentase kerja sama yang dijalin program studi dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Dekan FKIP UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan RTM tahun ini mengalami penundaan. Berdasarkan rencana awal, RTM akan diadakan pada Januari 2024, namun sebagian besar prodi masih melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI). Prof Ucu menekankan bahwa RTM merupakan agenda rutin yang harus dilaksanakan untuk mengevaluasi pencapaian sasaran mutu akademik FKIP UT di tahun 2023, serta merumuskan rencana kerja dan pengembangan untuk tahun 2024.

Evaluasi ketercapaian AMI mulai dari standard 1 s.d. 9 dilakukan dangan cara presentasi oleh masing-masing kaprodi dan kemudian diulas oleh tim GPM FKIP. Hari kedua pelaksanaan RTM FKIP UT dimulai dengan sesi presentasi rencana kerja Wakil Dekan I, II, dan III pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB, yang dipandu oleh Moderator Dr. Sandra Sukmaning Adji, M.Pd., M.Ed. Selanjutnya, acara diskusi berlangsung antara pukul 13.00 hingga 15.00 WIB, peserta rapat dibagi ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan tim dengan fokus pada berbagai aspek, seperti Bahan Ajar, Bahan Ujian, Tutorial, Kemahasiswaan, Jurnal, Seminar, Publikasi, Kehumasan, Kerjasama, dan MBKM. Masing-masing tim membahas dan mengusulkan rencana kerja tahun 2024 untuk bidangnya masing-masing.

Setelah waktu istirahat dan makan siang dilanjutkan dengan presentasi berdasarkan tim dengan Moderator Suci Nurhayati, M.Pd. Setiap tim melaporkan hasil diskusi dan menyajikan rencana kerja mereka. Kegiatan ditutup dengan laporan hasil workshop oleh tim GPM FKIP. Kesimpulan dan rekomendasi dari rapat strategis ini akan menjadi dasar bagi FKIP UT dalam menyusun langkah-langkah strategis untuk mencapai tujuan akademik dan pengembangan fakultas pada tahun 2024.

Rapat strategis ini menunjukkan komitmen FKIP UT dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan akademik, sejalan dengan visi Universitas Terbuka untuk menjadi lembaga pendidikan jarak jauh terkemuka di Indonesia.

(RA)