FKIP UT Rangkul Dinas Pendidikan Kota Tangerang dalam Peningkatan Profesionalitas dan Kualifikasi Guru

Tangerang, 12 Desember 2023, Tim dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP UT) berkunjung ke pusat Pemerintahan Kota Tangerang, tepatnya di Dinas pendidikan Kota Tangerang (12/12/23). Tim dari FKIP yang dipimpin langsung oleh Dekan FKIP, Prof. Ucu Rahayu, M.Sc., didampingi oleh Kaprodi PPG (Dr. Andayani, M.Ed.), Satgas PKS (Dr. Andy Sapta, M.Pd., M.Si.) dan Sekretaris Dekan (Novi Erkana, S.Pd.). Delegasi FKIP UT disambut dengan hangat oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Tangerang, Drs. H. Jamaluddin, M.Pd., yang didampingi oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Disdik Kota Tangerang, Dr Helmiati, M.Pd.

Pada kesempatan tersebut Prof. Ucu Rahayu menyampaikan kedatangan tim selain untuk bersilaturahmi juga ingin menindaklanjuti MoU antara Universitas Terbuka dengan Pemerintahan Kota Tangerang yang dilaksanakan pada 4 September 1984, bertepatan dengan Puncak Perayaan Dies Natalis ke-39 UT. Tindaklanjut tersebut berupa penandatangan MoA antara Dekan FKIP Universitas Terbuka dengan Kadis Pendidikan Kota Tangerang.

 

 

Jamaluddin menyambut baik niat FKIP UT dalam penandatanganan MoA tersebut, karena menurut beliau kegiatan tersebut nantinya dapat meningkatkan kualitas guru-guru yang ada di Kota Tangerang. Beliau juga berharap guru-guru di Kota Tangerang segera dapat mengikuti kegiatan Program Profesi Guru (PPG) sehingga guru-guru tersebut cepat memperoleh sertifikasi guru.

Pada MoA tersebut dinyata-kan bahwa akan dilakukan kerja sama oleh FKIP UT dengan Disdik Kota Tangerang berupa peningkat-an sumber daya dari kedua belah pihak dalam hal pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Pada kesempatan tersebut, Prof. Ucu menyampaikan bahwa ke depan FKIP UT memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya kepada para pendidik di kota Tangerang untuk bersama dalam kegiatan kolaborasi penelitian, publikasi, serta pengabdian kepada masyarakat. Selanjutnya, terkait dengan Program PPG, Prof. Ucu juga berharap dapat memperluas kolaborasi dengan guru-guru di Kota Tangerang, terutama para guru penggerak untuk dapat dilibatkan sebagai Guru pamong PPG.