Kuliah Umum FKIP Universitas Terbuka “Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran” Sukses dilaksanakan

(Tangerang Selatan) Kuliah Umum yang mengusung tema “Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran” sukses digelar pada Jumat, 8 Desember 2023 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka. Kuliah umum ini dilaksanakan secara daring melalui ruang virtual zoom dan siaran langsung pada channel Youtube “Universitas Terbuka TV”. Kegiatan ini dibuka oleh dengan sambutan Dekan FKIP-UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc.

Tujuan dari selenggarakannya kuliah umum ini adalah untuk mengembangkan wawasan dosen, tutor, dan juga mahasiswa terkait pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran khusunya bidang pendidikan. Narasumber yang dihadirkan dalam kuliah umum ini adalah Dr. Baiq Hana Susanti, M.Sc. Beliau merupakan Pakar kecerdasan buatan dari Lembaga Artificial Intelligence Center Indonesia (AICI).

Kuliah umum yang dibuka oleh Dekan FKIP-UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan “Kecerdasan buatan mengambil peran dalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun di perguruan tinggi. Saat ini kecerdasan buatan menjadi bagian primer dalam tumbuh kembang teknologi pendidikan yang memberikan impilkasi yang eksplisit terhadap kehidupan kerja manusia di masa depan dan masa sekarang. Sebagai contoh, saat ini Universitas Terbuka sedang melakukan penelitian untuk mengembangkan Mentor Virtual sebagai bentuk AI dalam kegiatan tutorial online untuk menjawab pertanyaan dari para mahasiswa”, ucap dekan FKIP-UT dalam sambutannya.

 

 

Dr. Baiq Hana Susanti, M.Sc., selaku narasumber membahas mengenai Artificial Intelligence (AI) Education for Better Indonesian Future. Pemaparan yang diberikan sangat mendalam dan menginspirasi para peserta kuliah umum. “Guru-guru saat ini bisa memanfaatkan AI baik dalam persiapan, pengajaran, dan analisis asesmen” ujar Ibu Dr. Baiq Hana Susanti, M.Sc.

Sebanyak 233 peserta dari berbagai latar belakang hadir dalam kuliah umum ini, termasuk pendidik, mahasiswa, dan para profesional yang tertarik dengan isu pemanfaatan AI dalam pembelajaran. Antusias peserta terlihat saat dilakukan sesi diskusi tanya jawab. Peserta diberikan kesempatan untuk secara langsung berinteraksi dengan narasumber.

Dengan suksesnya kuliah umum ini semakin membuat posisi Universitas Terbuka sebagai pelopor pendidikan jarak jauh yang saat ini mengembangkan kecerdasan buatan dalam kegiatan perkuliahan. Melalui kuliah umum ini, peran fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas terbuka sebagai pencetak pendidik profesional akan terus mengambil peran guna mempersiapkan pendidik profesioanl yang mampu memanfaatkan AI dalam pembelajaran.