Kreator Konten Pendidikan, Menginspirasi Anak Muda Lewat Dunia Pendidikan, Sebagai Personal Branding di Era Digital Saat Ini

TANGSEL, 02/12/2023 – Kegiatan Webinar Nasional Pendidikan, yang diprakarsai oleh Prodi Teknologi Pendidikan (TP) FKIP UT, dibuka oleh Dekan FKIP UT secara daring, Sabtu 02 Desember 2023, pukul 09.00-12.00 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Universitas Terbuka, sedangkan tema yang diusung pada Webinar Nasional kali ini adalah “Kreator Konten Pendidikan: Siapa dan Bagaimana?”.

Dalam sambutannya Dekan FKIP UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc, menyampaikan bahwa, ”Webinar ini merupakan sebuah langkah penting dalam menggali dan memahami peran penting kreator konten pendidikan dalam kancah pembelajaran modern,” ujarnya mengawali sambutannya.

Kita semua menyadari bahwa dunia pendidikan saat ini menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Dinamika kurikulum yang berubah dan kebutuhan akan model dan metode pembelajaran yang efektif menjadi prioritas utama. Di tengah perubahan ini, peran kreator konten pendidikan menjadi sangat signifikan. Mereka bukan hanya penyampai informasi, tetapi juga perancang pengalaman belajar yang mampu menstimulus pikiran, menginspirasi kreativitas, dan memotivasi eksplorasi konsep lebih lanjut..

Webinar ini akan menjelaskan dan menganalisis konsep-konsep dasar serta strategi produksi konten pendidikan yang efektif. Ini sangat relevan, khususnya bagi mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Pendidikan di Universitas Terbuka, yang akan memperoleh wawasan mendalam tentang integrasi prinsip-prinsip pembuatan konten pendidikan ke dalam praktik pembelajaran.

 

 

Selanjutnya, beliau berharap bahwa “Melalui webinar ini, kita semua, terutama para mahasiswa dan praktisi pendidikan, dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam menciptakan konten pendidikan yang inovatif dan efektif,” ujarnya mengakhiri sambutannya sekaligus membuka Webinar Nasional Pendidikan ini.

Pembicara pertama dalam seminar nasional ini adalah Upit Sofyani, seorang Learning and Development Specialist, Certified Human Resources Professional (CHRP), menyampaikan bahwa pendidikan saat ini adalah berfokus kepada kebutuhan peserta didik, belajar melalui kerjasama antar peserta, pembelajaran melalui pengalaman langsung, pengembangan keterampilan praktis dan kompetensi, teknologi dalam pembelajaran yang efektif, dan identifikasi dan solusi masalah kreatif.

Peran kreator konten pendidikan dalam pembelajaran yaitu (1) Menggunakan alat interaktif dan umpan balik pengguna untuk menciptakan pengalaman belajar yang individual (Personalization), (2) Menjadikan postingan menarik di media sosial membantu kreasi konten pendidikan menarik perhatian orang dan mengumpulkan komunitas belajar (Engagement), dan (3) Bereksperimen dengan alat dan teknik digital baru yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa (Innovation).

Kompetensi esensial untuk Kreator Konten Pendidikan, yaitu (1) Melakukan riset, (2) Menguasai teori pembelajaran dan psikologi, (3) Kreativitas dalam mendesain konten, (4) Kolaborasi dan adaptabilitas, (5) Keterampilan komunikasi, (6) Penguasaan teknologi dan platform digital.

Sebagai generasi muda persiapkan dirimu: (1) Mulailah membuat konten; (2) Ikuti pelatihan tambahan; (3) Bergabung dengan komunitas; (4) Kembangkan portofolio; dan (5) Cari kesempatan untuk magang.

Selanjutya, pembicara kedua dalam seminar nasional ini adalah Florentina Dyah Ayu Kumala, seorang Part  of Community, Kok Bisa! Creative Enthusiast: Event, Art, & Photography, mengungkapkan tentang dasar-dasar penulisan konten kreator Pendidikan, dianggap bahwa menulis itu ibarat membagun rumah, Langkah awal harus mengadakan riset sebagai fondasi agar tidak roboh, membuat struktur agar memberikan bentuk tulisan, dan memilih teknik menulis agar hasil tulisan terlihat indah.

Riset yang mendalam dapat dilakukan melalui buku, film dokumenter, jurnal ilmiah, mewawanrai pakar, melakukan eksperimen, dan sebagainya. Setelah melakukan riset, langkah selanjutnya adalah menulis struktur naskah, dengan cara membuat judul yang seru, isi tulisan yang edukatif. Langkah akhir adalah memilih teknik yang indah, menyesuaikan dengan karakteristik dan fitur-fitur platform media sosial, menyesuaikan dengan audiens dan format kontennya, dan menyesuaikan juga dengan trend yang sedang viral saat itu. Semoga bermanfaat.

UT Pondok Cabe, 02/12/2023

*) Dosen Prodi TP FKIPdan Tim Marketing UT

#Menulis Caraku Mengikat Ilmu