The 1st International Conference on Teaching and Learning dan Temu Ilmiah Nasional Guru XV

Tangerang Selatan – Sabtu (18/11/2023) Hari ini dilaksanakan kegiatan The 1st International Conference on Teaching and Learning (ICTL I) dan Temu Ilmiah Nasional Guru(TING) XV. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP-UT), guna memperingati hari Guru Nasional tahun 2023 dan merupakan bagian dari serangkaian Dies Natalis ke-39 UT. Tema  ICTL I  dan TING XV adalah Digital Transformation: Future Challenges and Opportunities in Teaching and Learning.

Keynote speaker dari kegiatan ini adalah Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, pada Kemendikbudristek. Kegiatan ini juga menghadirkan para panelist yang berasal dari beberapa negara yaitu:

  1. Prof. David Kaufman – Simon Fraser University, Canada
  2. Dr. Randeep Sudan – Career Digital Platform Specialist, ADB, Singapore
  3. Dr. Wesley Teter – Senior Consultant for Educational Innovation and Skill Development, UNESCO, Bangkok)
  4. Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. – Universitas Terbuka, pakar Pendidikan Jarak Jauh)

ICTL diikuti oleh 134 presenter yang berasal dari dari New Zealand, Pakistan, China, Malaysia, Thailand, Vietnam, and Indonesia dan sekitar 200 peserta konferensi dari berbagai penjuru tanah air dan mancanegara, sedangkan TING XV diikuti oleh 141 presenter yang berasal dari guru, dosen, dan mahasiswa dari seluruh Indonesia serta sekitar 1000 peserta seminar  dari berbagai penjuru tanah air dan mancanegara. Paper terpilih akan diterbitkan pada jurnal nasional dan internasional FKIP serta Prosiding TING XV dan/atau Prodising ICTL I.

Pada seminar ini, diumumkan pemenang Lomba Inovasi dan Kreativitas Pembelajaran Mahasiswa Nasional (LIPKMN) 2023, yang terdiri dari 15 kategori kompetisi kreatif yang berkaitan dengan pendidikan. Selain itu, terdapat peluncuran buku yang terdiri dari dua judul: (1) Nyala Daya Juang Guru Bangsa: Kisah Inspiratif Perjuangan Mahasiswa FKIP dan (2) Experiential Learning in Action: Inovasi Pembelajaran Guru oleh mahasiswa FKIP UT. Buku ini ditulis oleh para dosen FKIP dengan melibatkan mahasiswa dan alumni sebagai narasumber.

Event ini juga dimeriahkan dengan penampilan angklung dari tim Angklung “MANISE” Universitas Terbuka dengan pemain para pimpinan dan karyawan UT yang menyajikan dua buah lagu berjudul Hymne Guru dan It’s My Life. Acara ditutup pada pukul 17.00 setelah semua presenter menyajikan makalahnya sesuai dengan kelompok parallel masing-masing.

                                                                      

Tangerang Selatan, 18 November 2023.

Dekan FKIP-UT,

 

 

Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc.