LIP-KMN sebagai Ajang Unjuk Inovasi dan Kreasi Mahasiswa dalam Pembelajaran

Tangerang Selatan, 31 Oktober 2023 – Lomba Inovasi Pembelajaran dan Kreativitas Mahasiswa Tingkat Nasional (LIP-KMN) merupakan salah satu kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP – UT), dari rentang Juni hingga Oktober 2023. LIP-KMN adalah bagian dari Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) yang memuat tentang berbagai dinamika dalam proses Pendidikan, termasuk pemanfaatan teknologi informasi yang berkembang dan terbaru saat ini. Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, yang bertujuan untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa, dan itu telah diimplementasikan oleh FKIP Universitas Terbuka berupa kegiatan LIP KMN.

 

 

 

LIP-KMN tahun 2023, menyelenggarakan 15 jenis lomba, yang terbagi dalam dua kategori produk, yaitu produk video dan synopsis, dan produk karya ilmiah berupa artikel. Lomba dengan produk video dan sinopsis, yaitu Micro Teaching, Fotografi Pembelajaran Generasi Tangguh, Aplikasi Pembelajaran, Go Green for Learning, Pembelajaran/Asesmen Inovatif, Fun science, Media Pembelajaran Berbasis Permainan (Edu-Games), Seni Tari, Musik dalam Pembelajaran, Pembelajaran Bernuansa Muatan Lokal, Musikalisasi Puisi, Teacherpreneur, Tagline FKIP, Tiktok Edukasi, Teach Tuber, dan Karya Ilmiah.

Peserta LIP-KMN keseluruhan berjumlah 167 orang, dengan cakupan jumlah peserta dari Universitas Terbuka 136, dan 31 dari Universitas Lain. Peserta yang lolos administrasi berjumlah 123 orang. Sedangkan peserta dengan melakukan unggah karya sejumlah 83 orang. Peserta yang lolos final 70 orang. Pada babak final tersebut dilaksanakan proses penjurian final untuk menentukan para pemenang. Pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 18 November 2023 bersamaan dengan kegiatan Seminar Temu Ilmiah Nasional Guru XV. Pemenang lomba akan memperoleh beasiswa jika pemenang merupakan mahasiswa UT dan hadiah lain jika mahasiswa non-UT sebagai bentuk apresiasi terhadap hasil karya mereka.