FKIP UT Kembali Digandeng BRIN untuk Pnelitian Kolaboratif

Tangerang Selatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) mendapatkan kepercayaan untuk bekerja sama dengan peneliti dari Pusat Teknologi Industri Proses dan Manufaktur pada Organisasi Riset Energi dan Manufaktur yang merupakan bagian dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Jumat (12/10/23) bertempat di Kantor Pusat Universitas Terbuka. Kerja sama yang telah dilakukan antara FKIP, FST dengan BRIN sudah memasuki tahun kedua, salah satu kerja sama yang sudah dan masih berjalan adalah pembuatan turbo jet.

Salah satu program studi pada FKIP UT yang sedang melakukan kerja sama penelitian di bidang Riset Energi dan Manufaktur adalah program studi Pendidikan Fisika. Pusat Riset Teknologi Industri Proses dan Manufaktur membuka ruang untuk bergandengan tangan dengan para dosen FKIP maupun FST dengan inisiasi penelitian maupun pertemuan ilmiah. Seperti hal yang disampaikan oleh Kepala Pusat Riset Teknologi Industri Proses dan Manufaktur, Hens Saputra, bahwa kegiatan penandatanganan kerja sama antara FKIP, FST, dengan BRIN bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas penelitian melalui kerja sama di dunia pendidikan dalam hal ini Universitas Terbuka yang mempunyai jangkauan luas di masyarakat.

 

 

Dekan FKIP menyampaikan bahwa FKIP dan BRIN sebelumnya pernah melakukan kerja sama pada Jumat (4/8/23) yaitu Program Studi Pendidikan Biologi telah terlebih dahulu melakukan penelitian kolaboratif dengan Pusat Riset Rekayasa Genetika BRIN, Cibinong berjudul “identifikasi Gen Penyandi Enzim Sterol C-24 Metil Transferase Keladi Tikus atau Typhonium flagelliforme”. Oleh karena itu, FKIP berharap kerja sama ini dapat berlanjut lebih luas jangkauannya tidak hanya prodi Fisika maupun Biologi, namun dapat bekerja sama dengan prodi lainnya di FKIP, selain itu, dapat melibatkan mahasiswa dalam penelitian.

Penandatanganan kerja sama FKIP dan Pusat Teknologi Industri Proses dan Manufaktur pada Organisasi Riset Energi dan Manufaktur ditandatangani oleh Dekan FKIP, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. dan Kepala Pusat Riset Teknologi Industri Proses dan Manufaktur, Dr. Ir. Hens Saputra, M.Eng. Dengan adanya jalinan kerja sama ini, FKIP dan BRIN berharap hasil penelitian ini benar-benar dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat pada umumnya.