Seminar Prodi PG PAUD Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka: Kolaborasi Keilmuan Indonesia-Malaysia

Wisma Universitas Terbuka, 11 Juli 2023

Prodi PG PAUD Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka sukses menggelar seminar yang bertajuk Peran Guru Dalam Optimalisasi Perkembangan Anak Usia Dini. Seminar ini merupakan kolaborasi dua negara yang melibatkan universitas besar di Indonesia dan Malaysia yaitu Universitas Terbuka (UT), Universitas Mercu Buana (UMB), Universiti Malaysia Sabah (UMS) dan International University of Malaya-Wales (IUMW).

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 300 dosen, peneliti, dan mahasiswa dari Indonesia dan Malaysia. Seminar yang berlangsung selama satu hari ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang optimalisasi peran guru dalam pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia dan Malaysia serta isu-isu terbaru dalam proses pendidikan untuk masyarakat daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc mengungkapkan kebanggaannya atas antusiasme yang tinggi dari UT, UMS, UMB dan IUMW untuk menjalin kolaborasi untuk memajukan dunia Pendidikan. Pernyataan Dekan FKIP Tersebut juga didukung oleh Kaprodi PG PAUD Dr. Sri Tatminingsih, M.Pd., untuk melanjutkan program kerjasama lainnya di masa akan datang dan menyoroti pentingnya diskusi strategi antara Indonesia dan Malaysia dalam menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh untuk menjangkau daerah 3T.

Seminar ini menampilkan pembicara terkemuka, yaitu: Dr. Roslee Bin Talip, Timbalan Dekan dari Universiti Malaysia Sabah yang berbagi pengetahuannya tentang Profesionalisme Guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh. Peserta juga mendapatkan wawasan yang berharga dari Dr. Sri Tatminingsih, M.P., Kaprodi PG PAUD UT dan juga pakar PAUD yang membahas Peran Universitas Terbuka dalam meningkatkan kualifikasi guru PAUD dalam pembelajaran jarak jauh. Dalam seminar ini dihadirkan pula Dr. Dearly, M.Psi, Psikolog, dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (UMB) yang membahas mengenai “preschool children’s subjective well-being” dan Assoc. Prof. Dr. Mimi Fitriana, Ph.D dari International University of Malaya- Wales (IUMW) yang memaparkan pentingnya positive education untuk perkembangan anak usia dini.

Para peserta seminar sangat mengapresiasi kesempatan untuk belajar dan memperluas sudut pandang peran guru dari persepektif Indonesia dan Malaysia. Seminar PG PAUD ini juga sukses menjembatani kerjasama, pertukaran pengetahuan dan ide di bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang akan dijalin oleh ke empat universitas UT, UMB, UMS, dan IUMW.