Merajut kebersamaan Pegawai FKIP UT dengan Capacity Building

BANDUNG, 17/06/2023 – Kegiatan Capacity Building ini, diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan FKIP UT, dilaksanakan Sabtu-Minggu 17-18 Juni 2023, di Hotel Horison Green Forest Resort, Parongpong, Bandung.

Diawali dengan laporan Ketua Panitia, Fitra Jaya, SPd, MPd, menyampaikan bahwa, ”Kegiatan Capacity Building ini mengambil lokasi di Horison Green Forest Bandung, dilaksanakan selama 2 hari, 17-18 Juni 2023, rundown acara terlampir dalam Surat Edaran Dekan FKIP, 12 Juni 2023 tentang pengembangan budaya kerja FKIP,” ungkapnya.

Ketua Panitia menambahkan bahwa, ”Rangkaian kegiatan penyuluhan budaya kerja ini dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi ketentuan minimal 20 jam per tahun,” tambahnya.

Pengembangan Budaya Kerja ini, diikuti oleh 134 peserta, terdiri dari unsur Pimpinan, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Tenaga Keamanan, Tenaga Kebersihan yang ada dalam lingkup keluarga besar FKIP UT.

Dalam pelaksanaan nya panitia pengembangan budaya kerja FKIP bermitra dengan PT. Media Fokus Rabanni, selaku Event Organizer (EO), membantu dalam pengadaan perlengkapan, akomodasi, transportasi, memandu acara dan kegiatan di lapangan.

Selanjutnya, dalam arahannya, Dekan FKIP UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, MSc, menyampaikan bahwa, ”Kegiatan Capacity Building ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan SDM di FKIP, agar semua pegawai FKIP meningkatkan kebersamaan, berkembang dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan saat ini,” ujar Dekan FKIP UT dalam arahannya saat membuka kegiatan Capacity Building ini.

Secara umum, kegiatan ini dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) dari para peserta.

Pembentukan dan pengembangan kapasitas ini merupakan suatu proses yang dilaksanakan pada tiga level/tingkatan, yaitu individu, kelompok dan institusi atau organisasi.

Bertujuan untuk menjamin kesinambungan organisasi FKIP melalui pencapaian Visi, Misi dan tujuan FKIP.

”Semoga dengan kegiatan ini, para pegawai di FKIP mempunyai kapasitas yang terus berkembang, meningkatkan lingkungan kerja yang kondusif, meningkatkan team work, berkomunikasi yang baik, saling memotivasi, kreatif dan inovatif,” ujar Dekan FKIP UT dalam sambutannya dengan penuh semangat.

Kegiatan kami dilanjutkan dengan outbound di lapangan, tempat yang segar, diselimuti angin yang berhembus sejuk, bahkan di saat mentari tepat di atas kepala, kesejukan itu masih terasa.

Angin menari melewati pepohonan dan turun dengan gemulai, memberi rasa segar ketika menerpa tubuh.

Pemandangan Gunung Tangkuban Perahu, memberi sensasi tersendiri di kawasan ini. Bagaikan gadis desa yang menutup tabirnya bila sengaja diperhatikan, gunung ini tertutup kabut, seolah malu bila sengaja datang untuk melihatnya.

Malam hari, kami merasakan sejuknya angin dan heningnya malam di kawasan Bandung Utara, kehangatan suasana terasa dengan mengadakan malam pentas seni pegawai, sebagai ajang kreativitas, meningkatkan kemampuan berkarya dan sebagai sarana hiburan menarik bagi keluarga besar FKIP UT. Semoga bermanfaat.