Pengabdian Masyarakat FKIP UT, SD Negeri 1 Sukamaju Cugenang Kab. Cianjur

Pengabdian Masyarakat FKIP UT: Pembelajaran Menyenangkan Dalam Rangka Trauma Healing Kepada Guru dan Siswa SD Negeri 1 Sukamaju Cugenang Kab. Cianjur.

Sebanyak 25 Dosen dari Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan Biologi FKIP UT melaksanakan pengabdian masyarakat kepada para penyintas (survivor) bencana alam gempa bumi Cianjur November 2022. Pengabdian dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2023 dalam rangka memberikan kegiatan pembelajaran yang mendukung trauma healing. Kegiatan dilaksanakan pada SD Negeri 1 Sukamaju Cugenang Kabupaten Cianjur.

Sasaran dari pengabdian masyarakat ini adalah siswa kelas 3, 4, 5, dan guru-guru di SD Negeri Sukamaju 1 Cugenang, serta masyarakat sekitar. Kegiatan dibuka oleh Dekan FKIP UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc., beliau berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat utamanya kepada para siswa dan guru agar kegiatan pembelajaran menjadi atraktif dan membantu untuk menyembuhkan trauma terhadap gempa bumi.

 

Terdapat 4 program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan, yaitu Pelatihan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang Sehat, Pelatihan Penanaman Tanaman Obat Keluarga sebagai Upaya Trauma Healing Korban Gempa Cianjur, Fun Outbond Pascagempa Cianjur dalam Rangka Traumatic Healing bagi Anak-Anak, dan Peningkatan Pengetahuan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di SD Negeri Sukamaju 1. Kepala Sekolah SD Negeri 1 Sukamaju, Cugenang, Elis Fahriyah, S.Pd., menyampaikan terima kasih atas kegiatan dan kepercayaan yang diselenggarakan di sekolahnya. Elis menambahkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk siswa dan guru dalam memberikan metode pembelajaran yang menyenangkan. Elis berharap agar kegiatan ini dapat berlanjut pada tahun berikutnya.