Program Paramita, diluncurkan oleh Rektor Universitas Terbuka

TANGSEL, 20/03/2023 – Kegiatan apel pagi virtual keluarga besar Civitas Akademica Universitas Terbuka (UT) melalui aplikasi Zoom Meeting yang dimulai pada pukul 08.30 WIB, sebagai MC adalah Pratiwi Anindita Adji, M.Hum. Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta yang dipimpin oleh pembina apel, pembacaan naskah Pancasila oleh Yonarisman Muhammad Akbar, S.Ikom., M.A, pembacaan naskah Pembukaan UUD 1945 oleh Gilang Munggaran, S.E, dan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Wanhari, SE.

Apel pagi ini, Senin 20 Maret 2023 dengan pembina apel Rektor Universitas Terbuka (UT), Prof. Ojat Darojat, M.Bus, PhD, diawali dengan menyapa seluruh pimpinan UT Pusat dan daerah, juga senior UT, Prof. Dr. M. Atwi Suparman, M.Sc, dan peserta apel pagi lainnya.

Dalam amanatnya, Rektor UT menyampaikan beberapa hal penting yaitu ”Dalam sejarah perjalan UT selama 38 tahun, kualitas pelayana yang diberikan UT kepada mahasiswa, seiring dengan kemajuan yang dicapai dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), khususnya dalam bidang Teknologi Pendidikan. Salah satu layanan yang diberikan kepada mahasiswa adalah ‘Bahan Ajar’. Kualitas bahan ajar bukan hanya learning content-nya, tetapi pengelolaan bahan ajar dengan sebaik-baiknya, baik physical appearance (penampilan fisiknya), penggandaan, pendistribusian kepada mahasiswa,” ujar Rektor UT mengawali arahannya saat menjadi pembina Apel Senin pagi dalam perjalannya menuju Cakung, Jakarta Timur.

Lebih jauh beliau menegaskan bahwa, ”Pada pagi ini, kita akan melakukan suatu terobosan baru dalam pendistribusian bahan ajar langsung kepada mahasiswa dari vendor. Ini merupakan satu terobosan baru sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan bahan ajar berdasarkan prinsip better, cheaper and faster. Better dalam kualitas layanannya, cheaper dalam harganya, dan faster dalam waktu tempuhnya,” ungkap Rektor UT dengan penuh semangat.

Pada pagi ini, UT bekerjasama dengan vendor PT Gramedia, akan meluncurkan program ”Paramita,” merupakan pendistribusian bahan ajar langsung kepada mahasiswa secara tepat dan akurat, sebagai suatu kemitraan yang strategis dalam proses bisnis yang dilakukan oleh UT. Semoga dapat memberikan dampak dan manfaat yang positif bagi kedua belah pihak. Program ini melalui proses evaluasi yang sangat panjang, pendistribusian secara langsung dari vendor ke alamat mahasiswa secara door to door, sudah di awali sejak tiga tahun yang lalu, tetapi dilakukan kepada mahasiswa secara terbatas sebagai pilot project bagi mahasiswa setiap semesternya meningkat secara bertahap.

Melalui serangkaian ujicoba perbaikan dan penyempurnaan sistem, pada semester ini akan dilakukan program Paramita, sehingga tidak akan ditemukan lagi beban pengelolaan warehousing (gudang) di UT Pusat dan di UPBJJ yang semakin masif, sehingga pendistribusian bahan ajar akan lebih cepat kepada alamat mahasiswa, yang merupakan terobosan baru sebagai penyempurnaan layanan bahan ajar kepada mahasiswa, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung program ini.

Program Paramita ini belum melayani semua mahasiswa di seluruh kepulauan, baru dilakukan di seluruh UPBJJ yang ada di pulau Jawa, sebagian di Sumatera dan Indonesia Bagian Timur (Makassar dan Ambon). Seiring dengan kapasitas yang kita miliki, program Paramita ini akan dilakukan untuk seluruh UPBJJ, semua program studi dan seluruh pelayanan bahan ajar yang kita berikan. Terima kasih kepada semua pihak yang selalu mengingatkan kepada mahasiswa untuk selalu meng-update alamatnya, agar pendistribusian bahan ajar ini berjalan dengan lancar.

Tadi malam pukul 24.00 WIB telah dilakukan penutupan registrasi mahasiswa 2023.1, walaupun target UT dengan 500 ribu mahasiswa tidak bisa tercapai, tetapi ada peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan dengan semester sebelumnya. Pada tahun 2022.2 jumlah mahasiswa UT sebanyak 412 ribu, sedangkan semester ini naik melebihi jumlah semester gemuk tahun lalu, penambahan mahasiswa baru dan on going semester ini berjumlah 438 ribu. Terima kasih kami ucapkan kepada teman-teman di UPBJJ, Fakultas, Dekanat, Program Studi dan semua pihak,” jelas Rektor UT penuh bahagia.

Demikian bapak/ibu sekalian, semoga ini merupakan modal awal untuk mencapai 500 ribu mahasiswa pada semester 2023.2, sebagai target jumlah angka partisipasi mahasiswa UT pada semester yang akan datang,” demikian disampaikan Rektor UT mengakhiri arahannya. Semoga bermanfaat.