Penyamaan Persepsi Pengembangan Soal THE, Penjaga Kualitas Ujian Akhir Universitas Terbuka

Kamis, 16 Maret 2023 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka mengadakan Penyamaan Persepsi Pengembangan Soal Take Home Exam (THE) FKIP Tahun 2023. Kegiatan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sebagai salah satu bentuk nasionalisme. Para pengembang soal sendiri merupakan dosen dari Universitas Terbuka dan dosen dari berbagai universitas di seluruh Indonesia. Perbedaan latar belakang dan pengalaman dari para pengembang menjadi latar belakang diadakannya penyamaan persepsi dari Universitas Terbuka.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FKIP UT, Dr. Siti Aisyah, M.Pd., mewakili Dekan FKIP UT membuka kegiatan tersebut. Ia menyampaikan bahwa penyamaan persepsi diperlukan agar para pengembang dapat mengetahui dengan jelas apa saja yang harus dilakukan dalam pengembangan soal THE (Take Home Exam). THE sendiri adalah salah satu modus ujian akhir mata kuliah dari Universitas Terbuka. Dalam pembukaannya, Dr. Siti Aisyah juga berharap para pengembang dapat menyelesaikan soal yang dikembangkan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Materi penyamaan persepsi Pengembangan soal THE sendiri disampaikan oleh Dr. Ir. Amalia Sapriati, M.A., dosen FKIP UT dengan kepakaran dalam bidang evaluasi pembelajaran. Ia menjelaskan tujuan kegiatan Penyamaan Persepsi Pengembangan Soal Take Home Exam (THE) ialah agar para pengembang dapat menghasilkan soal THE yang memiliki berkualitas. Untuk menghasilkan soal yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengembang, mulai dari perencanaan tes yang baik, kompetensi yang terukur, indikator soal yang jelas, dan sebagainya.

Dr. Ir. Amalia menanjutkan bahwa dalam Pengembangan soal sendiri terdapat prosedur pengembangan yang harus diikuti, yaitu menulis kisi-kisi, menelaah kisi-kisi, menulis soal dan pedoman penskoran, serta menelaah soal dan pedoman penskoran. Selain itu, perlu diperhatikan juga Syarat alat ukur, yaitu dengan hasil pengukuran yang tepat dan konsisten. Penskoran tes uraian sendiri dapat dilakukan dengan du acara, yaitu holistik (untuk tes uraian terbuka) dan analitik (untuk tes uraian terbatas).

Setelah sesi pemaparan materi dari narasumber, Dra. Isti Rokhiyah, M.A., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum FKIP UT, selaku moderator membacakan pertanyaan yang diajukan oleh para peserta kegiatan. Dalam kesempatan tersebut, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan juga tidak hanya dijawab oleh pemateri, namun juga para Kaprodi yang mengembangkan soal THE untuk mata kuliah yang ada dalam prodinya. Drs. Benny Nugraha, M.Pd., misalnya, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai soal listening dalam THE.

Dra. Isti Rokhiyah, M.A., Ph.D. menyampaikan bahwa penyelesaian pembengamban THE dilakukan dalam waktu satu minggu sesuai surat tugas yang dikeluarkan. Ia meminta para Kaprodi untuk berkoordinasi dengan para pengembang agar dapat menyelesaikan tugasnya sesuai waktu yang telah ditentukan. Ia menutup kegiatan dengan menyimpulkan beberapa materi yang disampaikan oleh Dr. Ir. Amalia, antara lain soal yang ditulis harus mengacu pada kisi-kisi dan bahan ajar dari UT, harus mewakili capaian pembelajaran, dan lainnya.

Kontributor: Siti Utami Dewi Ningrum, S.S., M.A. (Dosen PPKn, FKIP-UT)