Kembali, UT Memperoleh Gelar Akreditasi A Bagi Program Magister Pendidikan Dasar

Universitas Terbuka (UT) kembali mendapat pengakuan membanggakan. Kali ini, Program Studi Pendidikan Dasar pada Program Magister Universitas Terbuka mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) untuk periode 22 Februari 2023 sd 22 Februari 2028 dengan SK Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 553/SK/BAN-PT/Ak/M/II/2023. Penilaian akreditasi A ini merupakan penghargaan BAN PT atas kerja keras perbaikan kualitas berkelanjutan yang dilakukan UT umumnya dan Program Magister Pendidikan Dasar khususnya, baik terkait baik terkait dengan proses maupun mutu lulusan.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. mengungkapkan rasa syukurnya, atas diraihnya Akreditasi A oleh Prodi Magister Pendidikan Dasar (MPDr), setelah sebelumnya FKIP juga telah mendapatkan akreditasi A pada Prodi PGPAUD, PGSD, dan Pendidikan Matematika. “Kami, UT khususnya  FKIP dan Program Pascasarjana (PPs) bersyukur atas diraihnya akreditasi A untuk prodi Magister Pendidikan Dasar,”ungkap Prof. Ucu Rahayu. Beliau menyampaikan bahwa upaya perolehan akreditasi A ini tidaklah mudah, Prodi MPDr terus menerus melakukan perbaikan, perbaikan berkelanjutan (continues improvement) di berbagai aspek, baik itu pada aspek tata pamong, akademik (kurikulum, proses pembelajaran, kegiatan penelitian dan abdimas), kemahasiswaan, sarana prasarana, dan lainnya. “Dengan diraihnya Akreditasi A oleh Prodi MPDr, harapannya akan membuka jalan perolehan akreditasi unggul bagi Prodi-Prodi lain di PPs. Dan dengan akreditasi A ini, MPDr siap bekerja sama dengan international bachalaurate untuk menghasilkan lulusan terstandar internasional,” tambah Prof. Ucu Rahayu. 

Ungkapan rasa syukur disampaikan juga oleh Ketua Program Studi MPDr, Dr. Ir. Amalia Sapriati, M.A. “Hasil tersebut diperoleh atas kerja sama, partisipasi, dan dukungan, serta doa seluruh civitas Universitas Terbuka, mulai dari dukungan dari Prof. Ojat Darojat, M. Bus., Ph.D. selaku Rektor Universitas Terbuka, Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT, pendampingan penuh dari Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP-UT), para Kepala Pusat di UT dan jajarannya, para kepala UPBJJ dan jajarannya, Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi, dosen-dosen UT baik di UT Pusat maupun di UPBJJ, dan seluruh tim task force MPDr-PPs UT,” jelas Dr. Amalia.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. pun menyatakan bahwa perolehan akreditasi A merupakan harapan dan sekaligus apresiasi atas kerja keras Program Magister Pendidikan Dasar. Namun demikian, perbaikan mutu berkelanjutan hendaknya menjadin kultur kualitas bagi semua pihak. Ada atau tidak ada akreditasi. continuous improvemet, terobosan, dan berbagai inovasi harus terus dilakukan agar program studi memiliki keunggulan dan mempu melahirkan kebanggaan bagi mahasiswa, masyarakat, dan para pemangku kepentingan lain. Tak lupa, Yunus pun menyanpaikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang terlibat: Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyelenggaraan Program Pascasarjana pada Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Dr. Siti Julaeha, M.A., Dekan FKIP Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc., Ketua Program Studi MPDr, Dr. Ir. Amalia Sapriati, M.A., pada pimpinan dan staf Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP), para tutor, para mahasiswa, dan alumni, serta semua pihak yang telah berkontribusi atas diperolehnya Akreditasi A oleh Prodi Pendidikan Dasar pada Program Magister-UT tersebut.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus.Ph.D pun menyampaikan ucapan syukur. “Alhamdulillah. Selamat atas capaian akreditasi Prodi MPDR UT yang luar biasa. Terimakasih atas kontribusi semua pihak yang telah membantu. Semoga berkah,” jelas Pak Rektor.  Prof. Ojat mengungkapkan bahwa capaian perolehan akreditasi di awal tahun 2023 ini sangat membanggakan dan kepada seluruh Prodi dan civitas akademika pendukungnya agar lebih meningkatkan kualitas di segala aspek proses pembelajaran, serta terus melakukan evaluasi diri dalam peningkatan mutu menuju Universitas Terbuka yang Berjaya. Dengan kualitas akademik yang terpercaya, diharapkan UT makin diminati oleh masyarakat Indonesia dan menjadi pilihan utama untuk melanjutkan studi.