Lomba Inovasi Pembelajaran
dan Kreativitas Mahasiswa Tingkat Nasional
FINALIS LIP-KMN 2022
PROGRAM PEMBINAAN KARAKTER merupakan kumpulan pengalaman saat mengajar yang berhubungan dengan cara dan metode menumbuhkan karakter peserta didik. Apakah peserta didik lebih mudah diatur saat proses pembelajaran? Peserta didik menghormati dan menghargai percakapan di dalam kelas dipengaruhi oleh karakter peserta didik, Semuanya bisa dikemas dalam sebuah laporan program pembinaan karakter.
TEACH-TUBER Youtube merupakan wadah untuk menggali berbagai informasi serta memungkinkan sharing ilmu antara pembuat konten dan penonton. Pergeseran pola pembelajaran di era digital menempatkan Youtube menjadi media popular untuk digunakan dalam kegiatan belajar, seperti belajar mandiri. Fenomena ini diperkuat dengan fakta banyaknya guru-guru yang aktif memposting video pembelajaran dan bahkan sebagian besar chanel youtube-nya telah menghasilkan uang untuk setiap video yang ditonton. LIP KMN memberikan kesempatan bagi mahasiswa keguruan dan ilmu pendidikan untuk berpartisipasi dalam mengirimkan karya terbaiknya untuk diikutsertakan pada lomba dengan jenis program “Teach-Tuber”.
Contoh Produk dapat dilihat pada tautan berikut ini: https://sl.ut.ac.id/TeachTuberLIPKMN
Peraturan lebih lanjut, dapat dilihat pada Lampiran.
FOTOGRAFI AKTIVITAS PEMBELAJARAN dilaksanakan dengan berbagai pola dan strategi. Ada banyak ide kreatif dari guru untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik dan berkualitas. Kekreatifan guru dalam mengajar dapat didokumentasikan dan disebarluaskan sebagai salah satu media untuk menginspirasi guru-guru lainnya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. LIP KMN mengajak mahasiswa keguruan dan ilmu Pendidikan untuk mengirimkan karya dalam bentuk fotografi aktivitas pembelajaran.
Landasan konseptual pendidikan seni adalah pendidikan ekspresi kreatif yang dapat mengembangkan kepekaan apresiasi estetik yang diharapkan dapat membentuk kepribadian manusia seutuhnya seimbang baik secara lahir maupun batin, jasmani maupun rohani. Guru diharapkan kreatif mengolaborasikan seni dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar berupa keterampilan motorik atau psikomotorik, dapat diperoleh melalui pembelajaran gerak lagu dan seni tari yang merupakan salah satu bagian dari pendidikan seni. Lomba seni gerak, tarian dan lagu untuk pembelajaran ini merupakan kreativitas guru dalam pembelajaran yang dapat dikemas dalam sebuah video dilengkapi dengan sinopsisnya.
Seiring berkembangnya zaman membuat metode pembelajaran ikut berkembang. Bukan berarti metode pembelajaran tradisional harus ditinggalkan begitu saja, karena guru bisa kreatif dan inovatif memanfaatkan permainan tradisional sebagai alat pendukung pembelajaran di sekolah. Permainan tradisional dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik peserta didik dan, saat-saat belajar di sekolah lebih menyenangkan, sehingga materi yang diajarkan oleh guru akan mudah dipahami oleh peserta didik. Eksplorasi Permainan Tradisional untuk Pembelajaran untuk pembelajaran ini merupakan kreativitas guru dalam pembelajaran yang dapat dikemas dalam sebuah video dilengkapi dengan sinopsisnya.
Pembelajaran kreatif dan inovatif berpotensi lebih baik dalam mengembangkan daya nalar dan menemukan solusi dari berbagai permasalahan pembelajaran yang dihadapi oleh peserta didik. Jika dikembangkan potensi berpikir kreatif akan membangun motivasi peserta didik yang tinggi untuk hal-hal positif, misalnya kemauan yang kuat untuk belajar, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan dapat mampu berpikir tinggi. Pembelajaran kreatif dan inovatif diharapkan dapat memberikan bekal yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dan masalah yang dihadapi oleh peserta didik setelah lulus dari sekolah. Guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran di sekolah. Lomba pembelajaran inovatif ini merupakan kreativitas guru dalam pembelajaran yang dapat dikemas dalam sebuah video dilengkapi dengan sinopsisnya.
FUN SCIENCE merupakan salah satu metode kreatif untuk menghadirkan suasana baru dalam mempelajari sains. Tujuan utama dari metode ini adalah bagaimana membuat siswa menjadi enjoy, tertarik dan termotivasi untuk mempelajari suatu materi. Berbagai topik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dapat dikolaborasikan dengan metode Fun Science ini sehingga menjadikan materi lebih mudah tersampaikan. Aktivitas berupa hands on activity menjadikan siswa antusias dan ikut terlibat dalam setiap sesi pembelajaran menggunakan metode Fun Science. Sebagai bentuk perwujudan konsep merdeka belajar, LIP KMN menghadirkan lomba baru pada tahun ke III ini dengan tema Fun Science. Contoh Kegiatan dapat dilihat dengan mengklik tautan berikut ini: https://sl.ut.ac.id/FunscienceLIPKMN.
MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF merupakan media yang dirancang dalam rangka mempermudah dan memperlancar proses transformasi ilmu pengetahuan dari guru kepada peserta didik. Dengan media pembelajaran kreatif maka konsep- konsep pembelajaran yang abstrak dapat diubah menjadi lebih konkrit sehingga mudah diterima dan dipahami oleh peserta didik. Sehingga guru diharapkan berkreasi untuk membuat media pembelajaran yang kreatif dalam mengembangkan pembelajaran. Lomba media pembelajaran kreatif ini merupakan kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang dapat dikemas dalam sebuah video dilengkapi dengan sinopsisnya.MMedia pembelajaran kreatif merupakan media yang dirancang dalam rangka mempermudah dan memperlancar proses transformasi ilmu pengetahuan dari guru kepada peserta didik. Dengan media pembelajaran kreatif maka konsep- konsep pembelajaran yang abstrak dapat diubah menjadi lebih konkrit sehingga mudah diterima dan dipahami oleh peserta didik. Sehingga guru diharapkan berkreasi untuk membuat media pembelajaran yang kreatif dalam mengembangkan pembelajaran. Lomba media pembelajaran kreatif ini merupakan kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang dapat dikemas dalam sebuah video dilengkapi dengan sinopsisnya.
Untuk meningkatkan kualitas guru dan melaksanakan pengembangan keprofesiannya, tidak cukup hanya dengan pemenuhan kualifikasi akademik, guru harus memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) yang dinamakan teacherpreneurship. Sebaiknya guru diharapkan mempunyai jiwa kreatif dan inovatif menciptakan prototype dalam mengembangkan metode pembelajaran. Lomba teacherpreneur penciptaan prototype berbagai produk inovasi bernilai ekonomis ini merupakan kreativitas guru dalam mengembangkan prototype produk pembelajaran dan produk bernilai ekonomis lainnya, yang dapat dikemas dalam sebuah video dilengkapi dengan sinopsisnya.
Saat ini banyak platform pembelajaran dalam jaringan (daring) yang bisa diakses oleh peserta didik di seluruh Indonesia. Hal ini demi membantu peserta didik saat mengikuti pembelajaran jarak jauh terkait kebijakan pemerintah, karena penyebaran virus corona. Sehingga guru dituntut lebih kreatif dan inovatif untuk membuat aplikasi pembelajaran agar proses pembelajaran daring berlangsung dengan menyenangkan bagi peserta didik. Lomba pembuatan aplikasi pembelajaran ini merupakan kreativitas guru selama menyelenggarakan pembelaran daring yang dapat ditampilkan dalam sebuah produk aplikasi pembelajaran (platform).
Save the earth, salah satu tagline popular yang selalu dipromosikan diseluruh dunia. Menyelamatkan bumi baik dari polusi, limbah, efek rumah kaca, dan pencemaran dapat dilakukan dengan sosialisasi go green, tidak terkecuali dalam kegiatan pembelajaran. Langkah nyata yang dilakukan salah satunya adalah me- recycle barang bekas sehingga dapat digunakan lagi sebagai salah satu alat bantu/media/sumber belajar. Konsep pembelajaran tersebut merupakan upaya nyata mendukung gerakan go green for learning sehingga topik ini penting dihadirkan pada LIP-KMN tahun 2022 ini. Ada banyak hal dan Tindakan lain yang dapat dilakukan dalam rangka menerapkan Go Green For Learning. Oleh karenanya kami menunggu karya-karya terbaik peserta untuk diikutkan pada LIP KMN tahun 2022.
Dalam era digital saat ini, setiap lembaga dituntut untuk terus mampu bersaing dan mempromosikan kualitas terbaiknya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menciptakan tagline yang menarik. Tagline tidak hanya sekedar slogan, tapi juga merupakan identitas dan ciri khas sebuah lembaga. Untuk menjadikan FKIP-UT semakin dikenal luas baik dari segi keunggulan, dan kualitas, pada LIP KMN tahun 2022 ini dihadirkan program lomba menciptakan Tagline FKIP-UT. Karya yang dihasilkan diharapkan dikemas semenarik mungkin dan didukung oleh teknologi audiovisual dengan kualitas terbaik. Contoh karya tagline FKIP-UT dapat dilihat pada link berikut ini: