Workshop Penyamaan Persepsi Pengembangan Kisi-Kisi Soal Ujian Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka

Tangerang Selatan, 25 Maret 2024 – Dalam pendidikan tinggi, evaluasi pembelajaran menjadi krusial dalam menilai capaian mahasiswa dan efektivitas pengajaran. Oleh karena itu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP UT) melaksanakan workshop untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengembangan kisi-kisi soal TMK, THE, objektif, dan uraian. Workshop ini diharapkan akan menjadi kegiatan akademik yang memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan praktik terbaik dalam pengembangan soal, guna memperkuat mutu evaluasi pembelajaran dan mempersiapkan pendidik yang berkualitas..

Workshop Pengembangan Kisi-kisi Soal Ujian diselenggarakan selama 1 hari secara daring. Kegiatan workshop dilaksanakan pada hari Senin, 25 Maret 2024 tautan https://sl.ut.ac.id/WorkshopKisiSoal. Acara ini  dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, laporan dari Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prof. Dr. Ucu Rahayu. Dekan FKIP melaporkan tentang jumlah peserta sebagai penulis kisi-kis ujian dan mata kuliah apa saja yang dalam pembuatan kisi-kisi ujian. Beliau juga mengenalkan para penulis kisi-kisi ujian, tidak hanya dari Universitas Terbuka saja, melainkan juga ada dari Perguruan Tinggi lain (Universitas Bengkulu, Universitas Sanata Dharma , Universitas Sriwijaya, SMAN 4 Bengkulu, Universitas Batanghari Jambi, UNY, Universitas Islam Malang, Universitas Mulawarman, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Ar Raayah Sukabumi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas PTIQ Jakarta, UIN Raden Fatah Palembang, IKIP PGRI Bojonegoro, dan UIN KH. Achmad Siddiq Jember). Di akhir laporan, Dekan FKIP menyampaikan untuk menyelesaikan pembuatan kisi-kisi maksimal tanggal 1 April 2024. Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan mengenai  bagaimana cara menyusun kiki-kisi soal Ujian yang baik dan benar. Beliau juga menghimbau tidak ada kebocoran soal.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian juknis kegiatan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Mery Noviyanti, S.Si., M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan pengembangan kisi-kisi soal ujian bertujuan Workshop ini bertujuan, (1) Meningkatkan pemahaman para pengembang mengenai konsep dan prinsip dasar dalam pengembangan kisi-kisi soal TMK, THE, objektif, dan uraian, (2) Mengasah keterampilan peserta dalam merancang soal yang relevan, sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan, (3) Memperkuat kompetensi para pengembang dalam mengukur beragam kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotorik mahasiswa, (4) Mendorong penggunaan metode pengembangan soal yang inovatif dan efektif dalam proses evaluasi pembelajaran, (5) Membangun jaringan kolaborasi antara peserta workshop untuk saling bertukar pengalaman, pengetahuan, dan praktik terbaik dalam pengembangan soal., dan (6) Menyamakan persepsi pengembang kisi-kisi soal TMK, THE, objektif, dan uraian. Adapun, output dari kegiatan ini adalah (1) Pemahaman yang lebih mendalam mengenai konsep dan prinsip dasar dalam pengembangan kisi-kisi soal TMK, THE, objektif, dan uraian, (2) Peningkatan kemampuan para pengembang dalam mengembangkan soal yang mampu mengukur beragam kompetensi mahasiswa, (3) Penerapan metode pengembangan soal yang inovatif dan efektif dalam proses evaluasi pembelajaran di lingkungan FKIP UT, (4) Terjalinnya kerja sama dan kolaborasi antara peserta workshop untuk mendukung peningkatan mutu evaluasi pembelajaran dan persiapan pendidik yang berkualitas. , dan (5) ersedianya kisi-kisi soal yang berkualitas, relevan, dan sesuai dengan standar kompetensi yang diinginkan.

Dalam workshop ini, Narasumber berasal dari Universitas Terbuka, Dr. Ir. Amalia Sapriati, M.A. Narasumber memaparkan materi terkait pengembangan kisi-kisi soal ujian (TMK, THE, Objektif, dan Uraian). Pemaparan materi sangat menarik dan jelas. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, peserta antusias dalam sesi ini. Pertanyaan peserta dijawab semua dengan baik. Acara diakhiri dengan kesimpulan.

Dengan demikian, workshop ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas evaluasi pembelajaran di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka

 

Universitas Terbuka, Making Higher Education Open to All