Tingkatkan Kualitas Tutor Tuton, FKIP UT Optimalkan Pelatihan Para Calon Tutor

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan salah satu fakultas di Universitas Terbuka (UT) yang didominasi oleh mahasiswa yang berprofesi sebagai guru atau pendidik. Dalam upaya memberikan layanan bantuan belajar sebagai salah satu fasilitas FKIP UT yang ditawarkan  kepada mahasiswa, FKIP bekerja sama dengan Pusat Sumber Daya Manusia (PSDM) UT dan Pusat Pengelolaan Pembelajaran (P3b) UT menyelenggarakan pelatihan secara daring selama 2 (dua) hari, yaitu: Sabtu-Minggu, 23-24 Maret 2024 melalui aplikasi Microsoft Teams.

Pelatihan tutor secara daring ini diikuti oleh calon tutor dari seluruh fakultas di UT. FKIP UT sendiri diberikan penugasan sebagai fakultas pengelola mata kuliah umum melalui Program Studi Mata Kuliah Umum (Prodi MKU). Adapun Prodi MKU yang diketuai oleh Dr. Mestika Sekarwinahyu. M.Pd., mengelola diantaranya Mata Kuliah Pendidikan Agama (Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghuchu), Mata Kuliah Bahasa Indonesia, Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan Bahasa Inggris. Prodi MKU tidak hanya memberikan layanan kepada mahasiswa FKIP UT saja, tetapi juga kepada seluruh mahasiswa UT.  Semua mata kuliah yang ditawarkan oleh UT menyediakan layanan bantuan belajar, salah satunya berupa tutorial online (tuton). Oleh karena itu, dengan keterbatasan SDM yang dimiliki, FKIP UT terus memastikan kualitas dan kuantitas para tutornya  memenuhi persyaratan minimum melalui berbagai skema perekrutan. Data eserta yang lolos proses perekrutan kemudian diajukan sebagai peserta pada pelatihan, baik secara daring ataupun luring.

Pada persiapan semester 2023/2024 Genap, FKIP UT telah melakukan perekrutan tutor dari luar UT dengan dua skema, yaitu skema open recruitmen yang dibuka untuk umum melalui website dan skema kerja sama dengan mengundang institusi mitra mengirimkan calon tutor FKIP UT. Pelatihan Tahap I telah dilakukan secara daring pada bulan Februari lalu untuk calon tutor skema open recruitmen dan dilanjutkan dengan pelatihan Tahap II yang diselenggarakan secara luring pada tanggal 1 (satu) hingga 4 (empat)  Maret 2024. Pelatihan ini dilakukan di 5 (lima) empat wilayah, yaitu Bandung, Semarang, Surabaya, Jambi, dan Pontianak. Namun demikian, FKIP UT masih memerlukan banyak tutor untuk memenuhi beberapa kebutuhan, seperti tutor pada Program Studi Pendidikan Agama Islam (Prodi PAI) yang resmi dibuka awal tahun ini. Oleh karena itu, pelatihan Tahap III ini perlu diselenggarakan untuk memastikan kebutuhan tutor tuton yang akan dimulai tanggal 8 April 2024 tercukupi. Dari keseluruhan 12 kelas pada pelatihan yang diselenggarakan fakultas bekerja sama dengan PSDM dan P3B tersebut, 3 (tiga) diantaranya tersedia bagi calon tutor tuton pada FKIP UT. Ketiga kelas tersebut, yaitu: Kelas 01 untuk 114 calon tutor MKU skema open recruitment, Kelas 02 yang diikuti oleh sekitar 64 calon tutor tuton pada Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD), S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBIS), sedangkan Kelas 12 merupakan gabungan antara calon tutor MKU dan PAI skema kerja sama dengan peserta sekitar 100 orang.

Pelatihan berlangsung selama 2 (dua) hari dari pagi hingga sore diikuti oleh seluruh peserta dengan sangat antusias. Ketiga kelas tersebut dipandu oleh para instruktur dan fasilitator, baik kebijakan ataupun teknis, yang merupakan bagian dari penugasan para dosen FKIP yang sudah berpengalaman mengelola tuton. Pada kesempatan tersebut, Kepala P3b, Dr. Kartono, M.Si. menyempatkan diri memantau situasi pelatihan daring tersebut serta memberikan masukan atau feedback kepada para instruktur dan fasilitator.  Pada pelatihan ini diharapkan para calon tutor tuton dapat memeroleh serta memahami sepenuhnya pembelajaran jarak jauh yang diterapkan oleh UT dengan memanfaatkan jaringan internet melalui learning management sistem LMS) MOODLE, serta untuk kemudian dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di UT.