Workshop Finalisasi Kurikulum Baru FKIP Universitas Terbuka Tahun 2024 Sukses Digelar

“Membangun Masa Depan Pendidikan yang Adaptif dan Berkualitas”

Tangerang Selatan, 20/02/2024 – Kegiatan Workshop Finalisasi Kurikulum untuk Program Studi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Lingkungan Universitas Terbuka diselenggarakan di Aula Lt. 2 Gedung Serba Guna Universitas Terbuka.  Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.30 WIB. Workshop ini dihadiri oleh dekan, para wakil dekan, para ketua program studi, para dosen, serta pihak-pihak terkait lainnya yang memiliki kepentingan dalam penyusunan kurikulum FKIP UT.

Workshop dibuka dengan sambutan dari Dekan FKIP, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. yang menekankan pentingnya penyempurnaan kurikulum guna menjawab tantangan zaman dan kebutuhan akan SDM yang berkualitas di bidang Pendidikan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi presentasi dan diskusi oleh masing-masing ketua program studi yang dipimpin oleh Dekan FKIP dan didampingi oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Mery Noviyanti, S.Si., M.Pd.

Sesi presentasi diawali oleh Ketua Program Studi Pendidikan Fisika, Dr. Widiasih, M.Pd, yang menyampaikan hasil perbaikan kurikulum program studi pendidikan fisika sebelumnya. Dan dilanjutkan oleh ketua program studi lainnya secara bergantian, yang berjumlah 12 (dua belas) program studi, termasuk program studi FKIP yang baru dibuka tahun ini yaitu Pendidikan Agama Islam. Selama sesi diskusi, peserta aktif menyampaikan berbagai masukan dan gagasan untuk memperbaiki kurikulum yang ada. Beberapa topik yang dibahas antara lain adalah visi misi, tujuan, dan capaian pembelajaran, serta struktur kurikulum yang mencakup ketersediaan bahan ajar, nama dan kode mata kuliah penciri prodi, mata kuliah bersama, mata kuliah berpraktik/praktikum, hingga jam ujian pada tiap mata kuliah tersebut. Selain itu dibahas juga terkait integrasi teknologi dalam pembelajaran, peningkatan kompetensi lulusan untuk memasuki dunia kerja, serta penguatan aspek praktikum dan pengalaman lapangan bagi mahasiswa.

Diskusi berlangsung dengan lancar dan penuh antusiasme dari para peserta. Terdapat perdebatan yang sehat, namun semua pihak tetap menjunjung tinggi nilai toleransi dan mengedepankan semangat kolaborasi guna mencapai kesepakatan yang terbaik.

Setelah berbagai ide dan masukan dikumpulkan, ditetapkan beberapa perubahan signifikan dalam struktur kurikulum yang rencananya akan segera diimplementasikan pada tahun ini. Dimana penetapan tersebut diantaranya adalah adanya penguatan pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), penambahan mata kuliah di bidang kewirausahaan untuk memastikan lulusan memiliki kemampuan berwirausaha, serta penetapan bahwa mata kuliah TAPS (Tugas Akhir Program Studi) untuk Non Pendas dapat ditempuh di Semester 7.

Workshop ditutup dengan pernyataan resmi dari Dekan FKIP bahwa hasil workshop ini akan menjadi dasar penyusunan kurikulum baru yang lebih responsif dan relevan dengan kebutuhan zaman dan akan segera diimplementasikan pada paruh waktu tahun 2024. Semangat kebersamaan dan komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di FKIP Universitas Terbuka sangat terasa dalam acara ini.

Dengan demikian, workshop finalisasi kurikulum FKIP Universitas Terbuka Tahun 2024 diakhiri dengan sukses, meninggalkan harapan untuk terus berinovasi dan berkolaborasi demi kemajuan pendidikan yang lebih baik di masa depan.