Menyalakan Energi Baru dan Semangat Kebersamaan Menyongsong Masa Depan yang Lebih Baik Melalui Capacity Building

ANYER, 17/02/2024 – Kegiatan Capacity Building ini, diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan FKIP UT, dilaksanakan Sabtu-Minggu 17-18 Februari 2024, di Hotel Mambruk, Anyer, Banten.

Diawali dengan laporan Ketua Panitia, Sucipto, SPd, MPd, menyampaikan bahwa, ”Kegiatan Capacity Building ini mengambil lokasi di Hotel Mambruk, Anyer, dilaksanakan selama 2 hari, 17-18 Februari 2024, rundown acara terlampir dalam Surat Edaran Dekan FKIP, 15 Februari 2024 tentang Capacity Building FKIP,” ungkapnya.

Ketua Panitia menambahkan bahwa, ”Rangkaian kegiatan ini dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi ketentuan minimal 20 jam per tahun,” tambahnya.

Sedangkan tema dari kegiatan ini adalah “Igniting New Energy and Spirits Together for a Better Future, yang artinya “Menyalakan Energi Baru dan Semangat Kebersamaan Menyongsong Masa Depan Yang Lebih Baik”.

Pengembangan Budaya Kerja ini, diikuti oleh 134 peserta, terdiri dari unsur Pimpinan, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Tenaga Keamanan, Tenaga Kebersihan yang ada dalam lingkup keluarga besar FKIP UT.

Dalam pelaksanaannya Capacity Building FKIP ini bermitra dengan PT. Media Fokus Rabanni, selaku Event Organizer (EO), membantu dalam pengadaan perlengkapan, akomodasi, transportasi, memandu acara dan kegiatan di lapangan.

Selanjutnya, dalam arahannya, Dekan FKIP UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, MSc, menyampaikan bahwa, ”Kegiatan Capacity Building ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan SDM di FKIP, agar semua pegawai FKIP meningkatkan kebersamaan, berkembang dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan saat ini,” ujar Dekan FKIP UT dalam arahannya saat membuka kegiatan Capacity Building ini.

Secara umum, kegiatan ini dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) dari para peserta.

Pembentukan dan pengembangan kapasitas ini merupakan suatu proses yang dilaksanakan pada tiga level/tingkatan, yaitu individu, kelompok dan institusi atau organisasi.

Bertujuan untuk menjamin kesinambungan organisasi FKIP melalui pencapaian Visi, Misi dan tujuan FKIP.

”Semoga dengan kegiatan ini, para pegawai di FKIP mempunyai kapasitas yang terus berkembang, meningkatkan lingkungan kerja yang kondusif, meningkatkan team work, berkomunikasi yang baik, saling memotivasi, kreatif dan inovatif,” ujar Dekan FKIP UT dalam sambutannya dengan penuh semangat.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan paparan motivasi oleh Prof. Dr. Maximus Gorky Sembiring, M.Sc, diawali dengan pemutaran video tentang kisah hidup seekor burung Elang yang luar biasa. Sejak muda burung pemangsa ini hidup keras. Berkelana sendiri, mencari makanan dengan kelebihan membidiknya dan pandangan matanya yang sangat tajam.

Kehidupan burung Elang dapat memotivasi diri agar menjadi pribadi yang lebih powerful. Kita dapat mengambil hikmah dari unggas ini, karena selalu fokus pada tujuan yang ingin dicapai, menjadi pemberani dan tidak menyerah pada masalah, tidak takut mengambil risiko, tidak berhenti belajar, selalu meningkatkan potensi diri, meninggalkan hal yang kurang baik, melepaskan semua kejanggalan di masa lalu dan memulai langkah maju meraih tujuan hidup.

Lebih jauh beliau menyampaikan bahwa “Kecerdasan yang paling tinggi adalah menasehati diri sendiri.” Artinya, menasehati diri sendiri melibatkan refleksi diri yang dalam, pengenalan akan kekuatan, kelemahan pribadi, kemampuan untuk mengembangkan strategi dan solusi untuk menyelesaikan masalah atau menghadapi tantangan.

Dalam banyak konteks, kemampuan ini sering dianggap sebagai indikator kecerdasan intrapersonal yang tinggi, yaitu kemampuan untuk memahami dan mengelola diri sendiri. Mencerminkan kemampuan seseorang untuk memahami dan mengelola emosi, mengevaluasi situasi dengan bijaksana, dan mengambil keputusan yang tepat tanpa dipengaruhi oleh emosi negatif atau tekanan dari luar.

“Kesuksesan orang lain dapat menjadi sumber inspirasi, memotivasi diri kita untuk mengejar impian. Jadikan kesuksesan orang lain sebagai motivasi, bukan sebagai media untuk merasa iri. Karena sebuah kesuksesan akan menghampiri kita di waktu yang tepat, jika kita dapat menunjukan kepantasan dalam menerimanya,” tegasnya dengan penuh semangat.

Kegiatan selanjutnya yaitu outbound di lapangan, tempat yang segar, di pinggir pantai, diselimuti angin laut yang berhembus, bahkan di saat mentari tepat di atas kepala, kesejukan angin di tepi pantai masih terasa.

Angin menari melewati pepohonan dan turun dengan gemulai, memberi rasa segar ketika menerpa tubuh.

Pemandangan Gunung Krakatau, memberi sensasi tersendiri di kawasan ini. Bagaikan gadis desa yang menutup tabirnya bila sengaja diperhatikan, gunung ini tertutup awan, seolah malu bila sengaja datang untuk melihatnya.

Hembusan angin malam membawa kesegaran dan kehangatan yang menangkan hati. Malam itu, kami merasakan angin laut dan heningnya malam di kawasan Pantai Anyer, kehangatan suasana terasa dengan mengadakan malam Fashion Show pegawai FKIP, sebagai ajang kreativitas, meningkatkan kemampuan berkarya dan sebagai sarana hiburan menarik bagi keluarga besar FKIP UT. Semoga bermanfaat.

Anyer, 17 Februari 2024
*) Memet Casmat
Dosen Prodi TP, FKIP dan Tim Marketing UT
#MenulisCarakuMengikatIlmu