Hadiri 2024 WDEC di Shanghai, Rektor UT dan Dekan FKIP-UT Sempatkan penjajagan kerjasama dengan ECNU

2024 World Digital Education Conference (WDEC) merupakan salah satu kegiatan akbar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di awal tahun 2024. Konferensi internasional tersebut mengangkat tema Digital Education: Application, Sharing, and Innovation”. Rektor Universitas Terbuka (UT), Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. bersama Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UT (FKIP-UT), Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. berkesempatan menghadiri undangan sebagai pembicara parallel pada kegiatan tersebut yang diselenggarakan di Shanghai Expo Center pada 30-31 Januari 2024.

Salah satu universitas yang berperan sebagai co-host pada 2024 WDEC adalah East China Normal University (ECNU) yang merupakan salah satu perguruan tinggi ternama berlokasi di Shanghai. Pada konferensi di hari pertama, ECNU menjadi penanggung jawab sesi paralel dengan tema Improvement of Digital Literacy and Competency of Teachers dan menghadirkan Prof. Ucu Rahayu sebagai salah satu narasumbernya. Di sela-sela kegiatan akbar tersebut, Prof. Ojat dan Prof. Ucu berkesempatan melakukan pertemuan singkat dengan President ECNU, Prof. Qian Xuhong, bersama beberapa jajaran pimpinan ECNU di lokasi 2024 WDEC (30/1/2024).

Pertemuan singkat tersebut dihadiri oleh delegasi dari kedua belah pihak. Selain Rektor UT dan Dekan FKIP-UT, hadir pula Wakil Dekan Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum FKIP-UT, Dr Dra. Isti Rokhiyah, M.A., Ph.D.. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran dan Kerja Sama FKIP-UT, Dr. Lidwina Sri Ardiasih, M.Ed., dan Dr. Maya Maria, M.M., selaku Kasubdit Humas dan Pemasaran pada Direktorat Pemasaran dan Kerja Sama (DPKS) UT. Dari pihak ECNU meghadirkan President Qian bersama Direktur Kantor Urusan Internasional, Prof. Du Zhenyu, Wakil Dekan pada Sekolah Pengembangan Guru, Prof. Wu Defang, dan Wakil Direktur Kantor Urusan Internasional, Mr. Li Yanlei.

Penjajagan kerja sama tersebut membuahkan beberapa bentuk kerja sama yang potensial bagi kedua institusi ke depannya. FKIP-UT sebagai salah satu penyelenggara program pendidikan guru sangat potensial menjadi mitra yang tepat bagi ECNU, khususnya bagi School of Open Learning and Education, sebagai partner dalam penelitian kolaborasi ataupun program-program peningkatan kualitas para guru. Sebaliknya, ECNU sebagai salah satu institusi terbaik dalam pengembangan Artificial Intelligence (AI) di Shanghai dapat dilibatkan sebagai konsultan ataupun pakar dalam kegiatan pengembangan AI di UT.