FKIP-UT dan NCC segera merealisasikan perjanjian kerjasama tahun ini

Penjalinan kerja sama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP UT) bersama Ningbo City College of Vocational Technology (NCC) China yang telah dilakukan selama kurang lebih satu tahun segera membuahkan hasil. Komunikasi kedua institusi tersebut diawali pada saat kunjungan kerja berbagai institusi pendidikan di China ke Indonesia digawangi oleh Tsinghua University dan XuetangX sekitar Juni 2023 lalu. NCC merupakan salah satu perguruan tinggi berlokasi di bagian Selatan daratan China yang mengirimkan perwakilannya pada kunjungan tersebut dan berhasil menarik perhatian FKIP-UT untuk pelaksanaan program online course exchange.


Program online course exchange sendiri merupakan pengejawantahan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek. Adapun program tersebut diwadahi oleh Indonesia Cyber Education Institute atau ICE-I yang merupakan marketplace untuk bertukar mata kuliah online dengan institusi lain yang menjadi anggota ICE-I. Di China sendiri juga sudah terbentuk XuetangX yang memiliki peran dan tugas seperti ICE-I. ICE-I dan XuetangX menjadi harapan besar bagi para mahasiswa dari kedua negara, yaitu: China dan Indonesia, untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman melalui program pertukaran mata kuliah online.

Dekan FKIP-UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. pada kesempatannya menghadiri 2024 World Digital Education Conference (WDEC) di Shanghai berhasil melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama atau Memorandum of Agreement (MoA) dengan NCC (29/1/2024). Karena keterbatasan waktu kunjungan delegasi UT di Shanghai dan jauhnya jarak lokasi NCC dengan waktu tempuh sekitar dua setengah jam, pihak NCC bersedia menyambangi Prof. Ucu di lokasi penginapan, yaitu: Intercontinental Shanghai Expo. Pada kesempatan tersebut, NCC mengirimkan perwakilannya, yaitu: Dr. Zheng Huiming selaku salah Direktur di NCC.

Penandatangan MoA dilakukan dengan lancar dan sukses disaksikan oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum FKIP-UT, Dra. Isti Rokhiyah, M.A., Ph.D. dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran, dan Kerja Sama FKIP-UT, Dr. Lidwina Sri Ardiasih, M.Ed. Acara penandatangan MoA dilanjutkan dengan pertukaran cinderamata dan foto bersama.

 

Pada MoA tersebut dicantumkan beberapa mata kuliah dari kedua belah pihak yang potesial untuk dilaksanakan pertukaran secara online. Dari FKIP-UT dua program studi yang dapat dilibatkan pada perjanjian kerja sama tersebut adalah Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBIS) dan Prodi Teknologi Pendidikan (TPEN). Adapun beberapa mata kuliah dari PBIS yang dapat ditawarkan kepada mahasiswa NCC adalah English for Hotel and Tourism, English for Office and Business, serta Cross Cultural Understanding, sedangkan beberapa mata kuliah Prodi TPEN yang dapat ditawarkan kepada mahasiswa NCC yaitu Web Design. NCC sendiri menyampaikan daftar mata kuliah yang siap ditawarkan kepada mahasiswa FKIP-UT dalam Bahasa Inggris, yaitu: Business Letters and Emails in International Trade dan Tourism English.

Jalinan kerja sama yang rencananya direalisasikan pada semester ini menjadi tantangan tersendiri bagi UT, khususnya FKIP UT, untuk persiapan dari sisi operasionalnya. Diharapkan program ini dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi mahasiswa karena mata kuliah yang ditawarkan sangat relevan dengan dunia kerja mahasiswa pada kedua institusi tersebut.