Pelatihan Penulisan Soal Objektif: Membangun Dosen Baru FKIP Universitas Terbuka Mahir Menulis Soal Objektif Berkualitas Tinggi

Universitas Terbuka – 20 Januari 2024

FKIP Universitas Terbuka telah sukses menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Soal Objektif bagi dosen baru pada 18-20 Januari 2024 di Ruang Sidang Gedung Kualitas lantai 3. Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Dodi Sukmayadi, M.Sc.Ed., membuka acara dan mendorong peserta untuk memanfaatkan pelatihan ini secara sungguh-sungguh, dengan harapan agar dapat menjadi terampil dalam menciptakan soal objektif berkualitas tinggi. Dalam rangka mendukung tujuan tersebut, Dr. Adi Suryanto, M.Pd., yang memiliki keahlian dan pengalaman luas di bidang penilaian dan evaluasi pembelajaran di Universitas Terbuka, dipilih sebagai narasumber kegiatan untuk melatih dosen baru FKIP.

Dr. Dodi Sukmayadi, M.Sc.Ed. membuka kegiatan Pelatihan Penulisan Soal Objektif

Sebagai lembaga pendidikan tinggi jarak jauh terkemuka di Indonesia, Universitas Terbuka menghadapi tantangan dalam mengukur pemahaman dan penguasaan materi mahasiswa sesuai dengan tujuan pembelajaran setiap mata kuliah. Salah satu alat ukur yang dikembangkan oleh Universitas Terbuka adalah soal objektif. Oleh karena itu, pemahaman yang baik mengenai teknik penulisan soal objektif menjadi sangat penting bagi para dosen sehingga dosen terampil dalam menulis soal yang valid dan reliabel.

Dr. Adi Suryanto, M.Pd., narasumber kegiatan Pelatihan Penulisan Soal Objektif menyampaikan materi

Pelaksanaan pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen FKIP Universitas Terbuka untuk memberikan pendidikan bermutu tinggi kepada mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia. Maka, kagiatan ini merupakan sebuah langkah konkret dalam meningkatkan kualitas penilaian dan evaluasi pembelajaran di lingkungan FKIP Universitas Terbuka. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ialah untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada dosen baru mengenai konsep dan prinsip dasar penilaian, khususnya dalam konteks soal objektif. Melalui pelatihan ini, diharapkan dosen baru memperoleh wawasan, strategi, dan keterampilan praktis yang diperlukan untuk menciptakan soal objektif berkualitas tinggi.

Nisa A’rafiyah Tri Wulandari, M.Pd., perwakilan Prodi PKn mempresentasikan hasil pembuatan kisi-kisi soal objektif mata kuliah Hukum Islam

Para dosen baru yang didampingi oleh para fasilitator dari setiap program studi diberikan keterampilan praktis dalam merancang soal objektif yang valid, reliabel, dan mampu mengukur sejauh mana kompetensi yang diharapkan sudah tercapai. Selain itu, aspek-aspek khusus penulisan soal objektif dalam konteks pembelajaran jarak jauh juga telah dikaji, termasuk strategi penilaian yang sesuai untuk menilai pemahaman mahasiswa yang belajar secara mandiri. Mereka didorong untuk menghasilkan soal objektif yang valid dan reliabel. Pelatihan ini juga menginspirasi dosen baru untuk mengembangkan cara-cara inovatif dalam merancang soal objektif, seperti penggunaan teknologi pendidikan atau integrasi variasi jenis soal.

Dr. Juli Firmansyah, S.Pd., M.Pd., perwakilan Prodi Fisika mempresentasikan hasil penulisan soal objektif

Untuk melatihkan penulisan kisi-kisi dan soal objektif, para peserta kemudian mempresentasikan hasil kerjanya. Mereka kemudian mendapatkan umpan balik dari narasumber dan fasilitator. Hasil penulisan kisi-kisi dan soal objektif nantinya akan dimasukkan dalam bank soal Universitas Terbuka. Narasumber berharap kisi-kisi dan soal objektif tersebut dapat ditelaah oleh satgas yang dibentuk khusus, sehingga kualitasnya akan teruji dengan baik.

Dr. Dodi Sukmayadi, M.Sc.Ed. menutup kegiatan Pelatihan Penulisan Soal Objektif bagi dosen baru FKIP Universitas Terbuka dan berharap para peserta telah memperoleh pemahaman mendalam mengenai konsep dan prinsip dasar penilaian, khususnya dalam konteks soal objektif. Mereka juga diharapkan dapat memberikan sumbangan inovatif dalam pengembangan bank soal Universitas Terbuka, sehingga meningkatkan mutu pendidikan tinggi jarak jauh di Indonesia.

Kontributor: Siti Utami Dewi Ningrum, S.S., M.A. (Dosen Prodi S1 PPKn FKIP Universitas Terbuka/ Satgas Bahan Ujian FKIP)