Orientasi Akademik dan Diklat PPKS Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 FKIP-UT Tahun 2024: Menjalin Ilmu dan Kepekaan Terhadap Kekerasan Seksual

Tangerang Selatan, 18 Januari 2024 – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka (UT) dengan penuh semangat mengumumkan dua kegiatan penting yang telah dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024. Dua kegiatan tersebut adalah “Orientasi Akademik Mahasiswa PPG Prajabatan” dan “Diklat Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS)”.

PPG adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Sejak tahun 2022, FKIP UT telah sukses menjalankan dua program PPG, yaitu PPG Dalam Jabatan dan PPG Prajabatan. Saat ini, Program Studi PPG FKIP UT sedang melaksanakan PPG Prajabatan Gelombang 1 dan 2 tahun 2023, dan bersiap untuk menyelenggarakan Gelombang 1 di tahun 2024 dengan melibatkan empat UT Daerah, yaitu UT Bogor, UT Bandung, UT Serang, dan UT Majene.

Kegiatan Orientasi Akademik Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 telah diselenggarakan pada tanggal 17 Januari 2024 bertempat di Universitas Terbuka. Acara ini diselenggarakan secara hybrid, yaitu di UT pusat secara langsung bagi mahasiswa UT Bogor, dan secara daring bersama tiga UT Daerah, yaitu di UT Serang, UT Bandung, dan UT Majene. Seluruh mahasiswa yang terdaftar PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 pada setiap UT Daerah hadir secara langsung di kantor UT Daerah setempat dan mengikuti kegiatan orientasi secara daring. Kegiatan berlanjut di hari kedua yaitu Diklat Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) pada tanggal 18 Januari 2024 yang dilaksanakan secara daring.

Rektor Universitas Terbka Memberikan Sambutan

Kedua kegiatan ini memiliki tujuan bersama untuk memastikan bahwa mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 tidak hanya memperoleh pengetahuan akademis, tetapi juga memiliki keterampilan dan sikap yang mendukung keberhasilan mereka sebagai pendidik yang profesional dan bertanggung jawab.

Penyematan Jaket Almamater oleh Rektor Universitas Terbuka

Secara spesifik tujuan kegiatan orientasi akademik mahasiswa PPG Prajabatan di antaranya (1) memperkenalkan mahasiswa dengan struktur kurikulum dan kebijakan program PPG Prajabatan; (2) memberikan informasi praktis tentang sarana dan prasarana pendukung kegiatan akademik; dan (3) membangun komunitas mahasiswa PPG yang solid dan berkolaborasi.

Adapun tujuan acara Diklat PPKS pada mahasiswa PPG Prajabatan yaitu (1) memberikan pemahaman mendalam tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS); (2) meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap isu-isu keamanan dan kesejahteraan siswa; (3) membekali mahasiswa dengan keterampilan penanganan dan pencegahan kekerasan seksual.

Pada kegiatan orientasi akademik, hadir secara langsung dan membuka kegiatan kegiatan yaitu Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan yaitu Prof. Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si., Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis yaitu Bapak Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D., Dekan FKIP UT Prof. Ucu Rahayu, M.Sc., Wakil Dekan FKIP UT Bidang Bidang Akademik pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bapak Dr. Dodi Sukmayadi, M.Sc.Ed., Wakil Dekan  Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran, dan Kerja Sama pada FKIP Ibu Dr. Lidwina Sri Ardiasih, S.Pd., M.Ed., serta para Dosen Program Studi Pendidikan Profesi Guru FKIP UT.

Salah satu hal yang disampaikan oleh Rektor UT saat memberikan sambutan dan membuka acara orientasi akademik yakni profil lulusan yang diharapkan dari PPG Prajabatan FKIP UT adalah 1) mengamalkan Pancasila (Guru yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila); 2) berkompeten (Menguasai kompetensi dasar guru, berorientasi utama kepada peserta didik, dan pembelajaran peserta didik); 3) teladan (Menjadi pribadi yang berkomitmen menjadi teladan); dan 4) Pembelajar Sepanjang Hayat (Menjadi pembelajar sepanjang hayat serta memiliki dasar-dasar kepemimpinan).

Universitas Terbuka khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) akan terus memberikan perhatian, dukungan, dan kontribusi dalam menciptakan generasi guru yang berkompeten, peduli, dan siap menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan.