Universitas Terbuka Launching Dua Program Studi Baru: Pendidikan Agama Islam dan Magister Pendidikan Anak Usia Dini

Peluncuran dua program studi baru di Universitas Terbuka berlangsung pada Selasa, 16 Januari 2024, di Wisma 2 Universitas Terbuka Pondok Cabe dengan tema “Membangun Generasi Hebat melalui Kampus Berkualitas.” Acara prestisius ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan, antara lain, yaitu Ketua Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI PGRI), ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (PPHIM PAUDI), Ketua Asosiasi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (APG PAUD), Ketua Umum Ikatan Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (IKAD PAUDI), Ketua Asosiasi Prodi Pendidikan Keagamaan Islam (APPKI), Sekreatris Perkumpulan Prodi Pendidikan Agama Islam (PP PAI), dan Ketua Kerja Kemitraan dan Advokasi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah.

 

Acara dimulai dengan doa bersama yang dipimpin oleh Muhammad Sulaiman, S.Pd.I., B.I.S., M.Pd., sebagai ungkapan syukur Universitas Terbuka atas dedikasinya dalam menyediakan akses pendidikan tinggi berkualitas guna mewujudkan generasi hebat.

Selanjutnya, PLH Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Paken Pandiangan, S.SI., M.SI.,   menginformasikan dalam laporannya bahwa Pendaftaran mahasiswa baru untuk Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini (MPAD) dan Pendidikan Agama Islam (PAI) telah dibuka pada Senin, 8 Januari 2024. Magister Pendidikan Anak Usia Dini adalah Program Magister keempat yang ditawarkan di Universitas Terbuka. Tiga program Magister yang sudah ada sebelumnya yaitu Magister Pendidikan Dasar, Magister Pendidikan Matematika, dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris.  Angkatan Pertama MPAD UT memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa di 5 wilayah UT Daerah, yaitu UT Denpasar, UT Bandung, UT Semarang, UT Lampung, dan UT Jember.  Lima keunikan dan keunggulan Prodi MPAD UT ditinjau dari segi kurikulum yang terbagi menjadi 5 bidang yaitu, pengembangan kurikulum & pembelajaran, perkembangan anak, manajemen, analisis kebijakan, ke-PJJ, an. Ada 2 mata kuliah Unggulan Prodi MPAD UT, yaitu Difusi Inovasi Pendidikan dan Studi Komparatif PAUD. Mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan adalah mata kuliah yang berbasis konteks PJJ serta mendukung profil “konsultan & pengelola PAUD. Mata kuliah Studi Komparatif PAUD menghadirkan dosen mitra lintas negara serta memungkinkan mahasiswa asing mengikuti mata kuliah. Kerja sama yang sudah dilakukan dengan Universitas Teknologi Mara Malaysia (UiTM).

Sementara itu, Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam yang berada di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan UT dibuka bagi guru dan nonguru. Keunikan dan keunggulan PAI FKIP UT disbanding kampus lainnya ada 3, yaitu bersifat interkonektif, yaitu menghubungkan antara bidang rumpun keilmuan Pendidikan Agama Islam dan teknologi. Kedua, berlandaskan keislaman dalam bingkai multicultural dan moderasi beragama. Ketiga, membantu mahasiswa menghadapi tantangan dan realitas dunia modern dengan pemahaman yang mendalam dan terkoneksi.

Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, M.Bus. Ph.D., dalam sambutannya menekankan bahwa sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH), UT mampu merespons dinamika dan perubahan di masyarakat dengan lebih cepat. Ini tercermin dari pembukaan program studi baru sesuai dengan kebutuhan dan prospek pengembangan di masa depan.

 

Acara peluncuran dua program studi baru ini diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan FKIP, dan Direktur Pascasarjana, diikuti dengan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan. *(Refisa Ananda)