Kegiatan Workshop Pengembangan Bahan Ajar Interaktif (BAI) pada 11-13 Mei 2023

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka (UT) berkualitas dunia berupaya menghasilkan produk pendidikan tinggi dan dalam penyelenggaraan, pengembangan, dan penyebaran informasi PTJJ. FKIP UT menyusun dan melaksanakan berbagai kegiatan yang didasarkan pada tiga sasaran strategis yang telah dicanangkan oleh Universitas Terbuka dalam rangka mewujudkan visinya yakni sasaran bidang akademik, daya jangkau, dan tata kelola organisasi.

Pada bidang akademik yang dicanangkan UT yakni pengembangan Bahan Ajar Interaktif (BAI). BAI merupakan bahan ajar utama bagi mahasiswa UT. Bahan ajar UT harus dapat berperan sebagai pengganti dosen sehingga harus self instructional dan self design.

Workshop pengembangan Bahan Ajar Interaktif (BAI)  bertujuan untuk menyamakan persepsi penulisan bahan ajar interaktif, menjelaskan perjanjian kerja penulisan BAI, dan mendapatkan data valid penulis setiap mata kuliah. Penyamaan persepsi pengembangan RMK dilakukan secara daring dan luring pada Kamis hingga Sabtu, 11—13 Mei 2023  bertempat di Gedung Serbaguna Lantai 2  Universitas Terbuka (Luring) dan tautan https://sl.ut.ac.id/WorkshopBAIFKIP (Daring). 

Pada hari pertama, diawali dengan pembukaan, mendengarkan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Doa oleh Faizal Akhmad Adi Masbukhin, S.Pd., Gr., M.Sc. Dilanjutkan laporan panita oleh Dekan FKIP Universitas Terbuka Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. Beliau menjelaskan bahwa FKIP UT akan mengembangkan 36 Mata kuliah dan total 291 modul. Hal menjadi kekhasan Universitas Terbuka bahwa tiap mata kuliah mempunyai bahan ajar interaktif yang self instructional. Salah satu proses pengembangan bermula dari RMK. RMK yang telah dikembangkan, ditulis, dan direview oleh pakar akan dilanjutkan dengan penulisan BAI. Selanjutnya, jika BAI sudah dibuat, akan proses review. Kegiatan lain setelah itu, yakni finalisasi soal dan bahan tutorial.

 

 

Acara selanjutnya, pengarahan, dan pembukaan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik oleh Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. Beliau memberikan pengarahan bahwa UT memiliki mahasiswa yang berbagai latar belakang sehingga diharapkan penulis menggunakan bahasa-bahasa yang sifatnya umum, tidak lokal tertentu. Beliau juga mengarahkan dari BAI ini,  mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar secara psikomotor dan afektif. Mahasiswa juga mendapatkan peningkatan kemampuan berpikir kritis sehingga dapat membuat kesimpulan yang benar. Terkhusus untuk penulisan BAI Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) agar menghindari materi yang bersifat khilafah.

Acara selanjutnya, penyampaian juknis kegiatan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik oleh Dr. Dodi Sukmayadi, M.Sc. Ed. Beliau menyampaikan bahwa saran-saran penulis akan ditampung. UT mempunyai standar baku dalam pengembangan BAI, tanda tangan kontrak yang diwakili oleh tim, dan penulis akan menjadi penulis tingkat nasional karena mahasiswa UT tersebar di penjuru tanah air bahkan lintas negara.

Pada acar inti, materi mengenai penulisan BAI disampaikan oleh narasumber  Prof. Dr. Suciati, M.Sc dan Dr. Siti Juaeha, M.A. Prof. Dr.Suciati, M.Sc  memaparkan tentang prinsip penyajian BAI, Tata letak BAI, Komponen dan Layout, kegiatan sisipan, sumber ilustrasi, dan contoh bahan ajar interaktif Universitas Terbuka. Sementara itu,  Dr. Siti Juaeha, M.A. menambahkan beberapa hal dan menjawab pertanyaan dari penulis. Kemudian, pada malam hari dilanjutkan dengan penjelasan materi bahan ajar interaktif dan CC by oleh Al Hafid, S.Kom., MMSI.

Workshop pada hari kedua, diisi dengan kegiatan progress check penulisan BAI, pembahasan kontrak penulisan BAI, dan kerja individu. Workshop hari ketiga diisi dengan progress check penulisan BAI, penyerahan hasil penulisan BAI, penyelesaian administrasi, dan penutupan. Acara ditutup oleh Dr Lidwina Sri Ardiasih, S.Pd., M.Ed. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Layanan Pembelajran dan Kerja sama pada FKIP.

Rangkaian acara workshop BAI ini terlaksana dengan baik dengan dukungan berbagai pihak, baik dari pengarah (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dekan FKIP), ketua (Wakil Dekan Bidang Akademik), wakil ketua ( Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan), Tim Satuan Tugas Bahan Ajar (SIMBA), sekretariat, keuangan, Course Manager, kaprodi, maupun seluruh penulis.

Acara workshop penulis didominasi oleh kehadiran penulis BAI Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam yang merupakan pakar dari berbagai universitas seperti UNY, UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Gunung Djati, PTIQ, UIN Raden Fatah Palembang, dan Perguruan Tinggi lainnya.

Selain itu, juga dihadiri oleh penulis MK dari prodi lainnya, yakni Mata Kuliah Umum, Pendidikan Kimia, Pendidikan Ekonomi, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Indonesia berasal dari perguruan tinggi yang pakar di bidangnya. Oleh karena itu, BAI UT menjadi bahan ajar yang berkualitas, valid, dan terstandar sesuai ketentuan UT. Dengan bahan ajar yang berkualitas, akan meningkatkan layanan lebih baik kepada mahasiswa berbagai daerah yang berasal dari berbagai daerah dan latarbelakang beragam.

Universitas Terbuka, Making Higher Education Open to All