Akreditasi A dari BAN-PT untuk PG-PAUD

Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan masyarakat, kembali mencetak penghargaan membanggakan dengan raihan akreditasi A untuk Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) untuk tahun 2022-2027.

Akreditasi adalah pengakuan terhadap Perguruan Tinggi (PT) atau Program Studi (Prodi) yang menunjukkan PT atau Prodi tersebut dalam melaksanakan program pendidikan dan mutu lulusan yang dihasilkannya telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Penetapan peringkat akreditasi oleh BAN-PT dilakukan dengan menilai proses dan kinerja serta keterkaitan antara tujuan, masukan, proses, dan keluaran suatu perguruan tinggi atau Prodi.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. mengungkapkan rasa syukurnya, “Kami panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Prodi PGPAUD memperoleh akreditasi A, setelah sebelumnya menyusul Prodi PGSD dan Pendidikan Matematika mendapatkan akreditasi yang sama. Akreditasi A ini diperoleh tidak dengan mudah. Prodi melakukan pembenahan dari berbagai aspek baik kurikulum, proses pembelajaran, mutu lulusan, serta SDM prodi. Hal ini sudah dilakukan dari beberapa tahun lalu. Perolehan akreditasi A ini tentunya merupakan suatu anugerah dan tantangan bagi kami untuk meningkatkan kualitas prodi semakin lebih baik lagi.”

Ungkapan rasa syukur disampaikan juga oleh Ketua Program Studi PG PAUD UT, Dr. Mukti Amini, M.Pd. “Hasil tersebut diperoleh atas kerjasama dan dukungan seluruh civitas Universitas Terbuka, mulai dari dukungan dari Prof. Ojat Darojat, M. Bus. selaku rektor Universitas Terbuka, Dekanat FKIP UT, Ketua Jurusan, para Dosen baik yang ada di UT Pusat maupun yang ada di Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ), serta seluruh Tim Task Force PG PAUD UT.

Ibu Mukti Amini menjelaskan perjuangan program studi PG PAUD dalam hal akreditasi sudah dilakukan sejak tahun 2020. Perjalanan diawali dari himbauan dari Prof. Udan selaku Dekan periode sebelumnya untuk melakukan reakreditasi, hingga akhirnya hari ini menerima hasil dari sebuah perjuangan yang cukup panjang.

Akreditasi sebaiknya selalu diintegrasikan dengan kualitas dan jati diri Program Studi S1 PG PAUD UT yang sesungguhnya. Sehingga tidak hanya di atas kertas terakreditasi A, namun kualitas dan daya saing yang dimiliki tidak sesuai dengan capaian akreditasi tersebut. Walaupun capaian akreditasi tahun ini sangat membanggakan, Rektor meminta kepada seluruh civitas akademika untuk tidak berpuas diri. Kedepan Rektor mengharapkan kualitas setiap Prodi dapat ditingkatkan lagi sebagai upaya untuk terus melakukan evaluasi diri dalam peningkatan mutu menuju Universitas Terbuka yang Berjaya di kancah Internasional.