Pembukaan dan Workshop Pendampingan Revitalisasi Pembelajaran Yayasan Dharma Ananda Indonesia (YDAI)

TANGSEL, 27/05/2024 – Pembukaan dan Workshop Pendampingan Revitalisasi Pembelajaran Yayasan Dharma Ananda Indonesia (YDAI), dilaksanakan di SMP Dharma Karya Universitas Terbuka (UT), dimulai pukul 13.00 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Dharma Karya, yang liriknya sangat ceria dan menggugah semangat sebagai berikut.

”Kami warga besar Dharma Karya UT. Belajar, berkarya dan mengabdi. Demi persatuan, bangsa yang hakiki, berlandaskan ideal Pancasila. Menuju cita-cita insan mulia, manusia Indonesia seutuhnya. Bertaqwa, berguna, sopan dan ksatria, tampil kreatif penuh daya cipta. Wahai tunas, tunas muda aktif ceria. Bergabunglah dalam wadah terpercaya. Syarat ilmu pengetahuan dan kegiatan, sasana prima sahaja bertaqwa”

Sambutan pembuka disampaikan oleh Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan YDAI, Dr. Kartono, S.Pd, M.Si, mengungkapkan bahwa, ”UT memiliki strategi untuk mencapai kualitas sekolah, baik di tingkat pimpinan, tenaga akademik, maupun tenaga kependidikan. Salah satu yang dilakukan UT adalah meningkatkan kualitas pembelajaran untuk menunjang terlaksananya layanan pendidikan jarak jauh melalui pengemasan bahan pembelajaran dari bahan tercetak menjadi bahan pembelajaran, dan distribusinya dilaksanakan secara online”

Sambutan Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dharma Karya, Dede Budianto, S.Pd, menyampaikan bahwa ”Sekolah merupakan wadah atau tempat dimana sekian banyak anak Indonesia memulai menapaki kehidupannya untuk memperoleh bekal pendidikan, bersosialisasi, berkompetisi yang terarah, dan belajar beradaptasi dengan lingkungan”

Sedangkan SMP DK UT mempunyai visi yaitu menjadi sekolah yang berkarakter, berwawasan global, dan peduli terhadap lingkungan. Sedangkan, untuk mewujudkan visi tersebut, dirancang misi yang relevan dengan visi yaitu mewujudkan sekolah yang berkarakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Menghadirkan sekolah yang berwawasan global dan berbasis IT. Membudayakan sekolah yang peduli terhadap lingkungan.

Selanjutnya, sambutan dari Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc, menyampaika bahwa, ”Tujuan pembelajaran daring adalah untuk memudahkan komunikasi, terutama penyampaian materi ajar dalam bidang pendidikan yang dilakukan jarak jauh. Keberadaan pembelajaran daring terus mewarnai bidang pendidikan karena konsepnya sederhana dan mudah dipraktikkan. Pengembangan sistem pembelajaran online dan pemanfaatan bahan berbasis elektronik akan dilakukan oleh Tim UT bersama Tim dari Sekolah Dharma Karya. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan Learning Management Sistem dan bahan ajar berbasis elektronik,” mengakhiri sambutannya

Sambutan terakhir, dari Kepala Dinas Pendidikan Tangerang Selatan, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dedi, S.Sos, MA, menegaskan bahwa dengan metode pembelajaran online, distance learning, proses pembelajaran yang fleksibel dan menyenangkan, mengombinasikan dan menerapkan kurikulum pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa merasa kondusif beajar dengan pembelajaran online,”_ tegasnya mengakhiri sambutannya

Selanjutnya, Dr. Trini Prastati, M.Pd, selaku Ketua Panitia Abdimas, menambahkan bahwa tujuan dari workshop pendampingan revitalisasi pembelajaran ini dapat dicapai melalui langkah-langkah, (1) Mengembangkan LMS untuk setiap mata pelajaran di kelas 1 SMP Dharma Karya; (2) Memetakan kompetensi dan topik pembelajaran yang akan dibahas pada LMS dengan menggunakan RPP; (3) Menyusun rancangan pembelajaran online; (4) Menyusun Skenario Pembelajaran; (5) Mengisi materi pada LMS; (6) Mengembangkan asesmen pada LMS; (7) Melakukan ujicoba; dan (8) Mengevaluasi hasil pengembangan LMS

Semoga upaya ini dapat terus menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terlibat aktif dalam pengabdian kepada masyarakat. Mari kita jadikan momentum ini sebagai tonggak awal perubahan yang berarti dalam dunia pendidikan. Semoga semangat kolaborasi dan kepedulian yang terjalin, dapat terus menginspirasi kita untuk terlibat dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih inovatif dan bermakna bagi setiap individu di Yayasan Dharma Ananda Indonesia. Semoga bermanfaat!

SMP DK UT, 27/05/2024
*) Memet Casmat, Peserta Abdimas SMP DK 2024
#Menulis Caraku Mengikat Ilmu