PAI FKIP UT Raih PPPAII Award 2024 sebagai Pelopor Pembelajaran Jarak Jauh untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP UT) berhasil meraih penghargaan bergengsi PPPAII Award 2024 sebagai Initiator of Distance Learning for Islamic Religious Education Studies Program. Penghargaan ini diberikan dalam acara Musyawarah Nasional Perkumpulan Program Studi Pendidikan Agama Islam Indonesia (PPPAI) dan Annual International Conference on Islamic Religious Education (AICIRE) yang berlangsung di Bengkulu pada 22-24 Mei 2024.

Meski tergolong sebagai program studi baru di Universitas Terbuka, PAI FKIP UT menunjukkan keaktifan luar biasa dalam berbagai acara asosiasi program studi. Pada acara Musyawarah Nasional dan Konferensi Internasional yang diadakan di Hotel Mercure Bengkulu dengan tuan rumah UIN Fatmawati Bengkulu, PAI UT diwakili oleh Muhammad Sulaiman, S.Pd.I., B.I.S., M.Pd. selaku Plt. Kaprodi PAI UT.

Acara yang dihadiri oleh 128 peserta dari perwakilan Program Studi Pendidikan Agama Islam di berbagai perguruan tinggi, baik di bawah Kementerian Agama maupun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, ini mengangkat tema ‘Harmonizing Tradition and Modernity: Advancing Islamic Religious Education in Contemporary Context’. Konferensi ini menghadirkan narasumber internasional seperti Prof. Dr. Koen Veermans dari University of Turku Finlandia dan Prof. Dr. Shazia Mansoori dari Aligarh University India, serta narasumber dalam negeri seperti Prof. Noorhaidi dari Indonesian International Islamic University dan Prof. Dr. Abuddin Nata dari UIN Syarif Hidayatullah.

Pada kesempatan tersebut, delegasi dari PAI UT mempresentasikan artikel berjudul ‘Digital Classes in Islamic Religious Education Learning: Preparing Students Life Skills in the Society 5.0 Era’. Suasana akrab dan penuh sinergi tercipta dalam acara ini, membuka peluang untuk kerja sama dalam pengembangan produk akademik, kolaborasi penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kerja sama ini diharapkan menjadi landasan bagi kolaborasi yang lebih erat di masa depan, serta memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan keislaman di Indonesia.

Penghargaan PPPAII Award 2024 yang diterima PAI UT sebagai ‘Initiator of Distance Learning for Islamic Religious Education Studies’ merupakan pengakuan atas dedikasi dan kesungguhan UT menjadi pelopor Pendidikan Agama Islam Terbuka dan Jarak Jauh. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi PAI UT untuk terus berkomitmen dalam menyediakan pendidikan agama Islam yang unggul dan terbaik.