Kuliah Tamu Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Terbuka “Biofuture: Inovasi Pembelajaran Biologi Berbasis Deep Learning, Etnopedagogi, Teknologi, dan Konservasi untuk Mendukung SDGs”

Tangerang Selatan, 9 Mei 2025 — Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Terbuka sukses menyelenggarakan kuliah tamu bertajuk “Biofuture: Pembelajaran Biologi Berbasis Deep Learning melalui Sinergi Etnopedagogi, Teknologi, dan Konservasi untuk Mendukung SDGs.” Narasumber utama, Dr. Bowo Sugiharto, M.Pd. (Ketua Prodi S2 Pendidikan Biologi UNS dan Ketua Konsorsium Pendidikan Biologi Indonesia/KPBI), memaparkan pendekatan pembelajaran biologi masa depan yang transformatif, kontekstual, dan berkelanjutan.

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid dengan total 220 peserta: 170 peserta daring via Zoom, 20 melalui YouTube, dan 30 peserta luring di Aula FST UT. Kuliah tamu ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I FKIP UT Bidang Akademik, Dr. Heni Safitri, M.Si., yang menekankan urgensi sinergi antara sains, budaya lokal, dan teknologi digital dalam pembelajaran biologi untuk mendukung target SDGs, khususnya SDG 4 (pendidikan berkualitas) dan SDG 15 (kehidupan di daratan).

Acara ini juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan unggulan mahasiswa bertajuk MetamorfoSkill Studio, sebuah program pengembangan kompetensi abad-21 berbasis literasi sains, teknologi, dan nilai-nilai kultural. Moderator acara adalah Saudara Afdung Aji Nurcahyo, mahasiswa berprestasi dari Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UT, yang sukses memandu jalannya diskusi ilmiah secara interaktif bersama host Dyah Aniza Kismiati, M.Pd.

Dalam materinya, Dr. Bowo menguraikan pentingnya pendekatan deep learning berbasis 6C (Character, Citizenship, Collaboration, Communication, Creativity, dan Critical Thinking) yang terintegrasi dengan etnopedagogi dan pemanfaatan teknologi seperti augmented reality, drone, dan aplikasi citizen science dalam pembelajaran biologi.

Diskusi berlangsung dinamis dengan antusiasme tinggi, ditandai dengan partisipasi satu penanya secara luring, satu peserta raise hand, serta empat pertanyaan aktif melalui kolom chat. Para peserta menunjukkan minat yang besar terhadap topik implementasi teknologi dan pendekatan berbasis proyek dalam konteks konservasi lokal.

Kegiatan ini mencerminkan komitmen kuat Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UT dalam membangun pembelajaran biologi yang relevan dengan tantangan zaman, serta memberdayakan mahasiswa sebagai agen perubahan melalui pendekatan inovatif, reflektif, dan berbasis nilai.