Workshop Finalisasi Rancangan Mata Kuliah (RMK) dan Pengembangan Bahan Ajar Interaktif (BAI) Prodi S1 Bimbingan dan KonselingFKIP Universitas Terbuka

Tangerang Selatan, 01/10/2024 – Sebagai bentuk komitmen dalam menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat di dunia pendidikan yang semakin berkembang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka akan segera membuka Program Studi S1 Bimbingan Konseling (BK) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Salah satu bagian yang penting dari persiapan pembukaan program studi tersebut adalah mempersiapkan Rancangan Mata Kuliah (RMK) dan Bahan Ajar Interaktif (BAI) yang relevan dan sesuai dengan perkembangan kebutuhan pendidikan saat ini. RMK berfungsi sebagai kerangka dasar dalam penyusunan mata kuliah, yang tidak hanya mencakup tujuan pembelajaran dan capaian lulusan, tetapi juga kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Selain itu, dalam konteks pembelajaran jarak jauh, bahan ajar interaktif sangat penting untuk memastikan keterlibatan mahasiswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. 

Pengembangan Bahan Ajar Universitas Terbuka beranjak dari sebuah cetak biru yang disebut Rancangan Mata Kuliah (RMK), di mana berdasarkan RMK tersebut Bahan Ajar Cetak/Non Cetak Universitas Terbuka dikembangkan. Rancangan Mata Kuliah merupakan rencana mata kuliah yang berisi kompetensi dan garis besar materi untuk sebuah mata kuliah, terdiri dari Analisis Instruksional (AI) dan Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP). Sebagai langkah awal penyusunan bahan ajar, pengembangan Rancangan Mata Kuliah (RMK) untuk program studi S1 BK sudah dilakukan. Selanjutnya RMK yang telah dikembangkan tersebut ditelaah oleh teman sejawat yang sesuai dengan bidangnya. Tahap berikutnya  akan dikembangkan Bahan Ajar yang menjadi sumber belajar mahasiswa.  

Workshop finalisasi RMK dan pengembangan BAI telah diselenggarakan selama tiga hari secara bauran yakni secara daring dan luring. Kegiatan workshop mulai Minggu, 29 September untuk kegiatan finalisasi RMK dan Senin, 30 September sampai dengan Selasa, 1 Oktober 2024 untuk kegiatan di Ruang Rasamala Wisma 2  Universitas Terbuka dan tautan https://zoom.us/j/99253521318 (RMK) dan https://zoom.us/j/91771793025 (BAI). Acara ini  dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa oleh Apri Kasman, M.Pd.  Acara dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum FKIP UT, Isti Rokhiyah, M.A.,Ph.D.  Selanjutnya acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Terbuka Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum pada FKIP. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada setiap para pengembang dan penulis dari berbagai instansi yang telah meneteskan ilmu dan karya pemikiran dalam bahan ajar yang akan dipergunakan untuk proses perkuliahan mahasiswa dari berbagai pelosok nusantara. Kemudian beliau menekankan karena bahan ajar Universitas Terbuka yang akan disuguhkan kepada mahasiswa secara nasional dan internasional (selektif) sehingga perlu diperhatikan sisi dalam mengemasnya untuk dapat dipelajari secara mandiri dan dari sisi lain juga dapat memfasilitasi interaksi mahasiswa dengan sajian-sajian multimedia. Harapannya sajian program multimedia dalam bahan ajar ini dapat mempermudah dan memperkaya mahasiswa dengan studi-studi kasus yang lebih realistis ada di lapangan. Acara dilanjutkan dengan penyampaian juknis kegiatan oleh Ketua Tim Prodi S1 Bimbingan Konseling, Dra. Susy Puspitasari, M.Pd dan Finalisasi RMK oleh Dra. Marisa, M.Pd.   

Momen penting pada hari pertama adalah penandatanganan kerja sama antara pihak Dekan, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) dan Wakil Dekan Bidang Kerjasama, dan Kemahasiswaan FKIP UT 

Hari Kedua yang jatuh pada tanggal 30 September 2024, dimulai dengan penjelasan mengenai Penulisan Bahan Ajar Interaktif (Substansi)  oleh Prof. Dr. Suciati, M.Sc. dan penjelasan secara media dipaparkan oleh Al Hafid, S.Kom., MMSI. Acara dilanjutkan dengan Ishoma dan membahas kurikulum. Pada sore harinya, dilanjutkan dengan penjelasan mengenai kontrak penulisan Bahan Ajar oleh Wakil Dekan Keuangan dan Umum, Isti Rokhiyah, M.A., Ph.D. Kegiatan diakhiri dengan penulisan individu bahan ajar oleh peserta. 

Hari Ketiga, pada tanggal 1 Oktober 2024, melibatkan sesi progres cek penulisan BAI oleh tim pengembang. Sesi ini diakhiri dengan penyelesaian administrasi dan penutupan. 

Workshop ini diharapkan dapat menghasilkan Rencana Mata Kuliah (RMK) dan bahan ajar interaktif yang berkualitas, mendukung perkembangan akademik program studi Bimbingan Konseling FKIP UT, serta memenuhi kebutuhan pendidikan yang lebih efektif dan inovatif di era digital. 

 

Universitas Terbuka, Making Higher Education Open to All