Sukseskan Akreditasi Internasional, FKIP-UT Benchmarking ke Universitas Bengkulu

Universitas Terbuka (UT) yang merupakan perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) terus meningkatkan kualitas layanannya bagi mahasiswa dan masyarakat. UT telah membuktikan pencapaian pengakuan terhadap kualitas tersebut dimana secara resmi UT menyandang predikat baru terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) tepatnya 2 Juli 2024. Sebelumnya, empat program studi (prodi) UT, yaitu S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Ekonomi Pembangunan, dan S1 Hukum telah menyandang akreditasi international dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) pada awal tahun 2024. Pada akhir bulan Juni 2024 lalu, UT menyelenggarakan asesmen lapangan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) pada Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) pada Sekolah Pascasarjana (SPs). Hasil dari asesmen lapangan tersebut adalah untuk pertama kalinya prodi di UT meraih sertifikat akreditasi dengan predikat Unggul yang resmi berlaku 31 Juli 2024. Beberapa pencapaian tersebut tentunya menjadi motivasi tersendiri bagi prodi-prodi di lingkungan UT untuk memeroleh pengakuan publik secara optimal atas kualitas layanannya.

Dalam rangka merealisasikan rencana pengajuan akreditasi internasional, beberapa ketua program studi (kaprodi) pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT bersama dengan kaprodi fakultas lain dipandu oleh manajer Penjaminan Mutu Akademik pada Kantor Penjaminan Mutu (KPM) UT, Dr. Irsanti Widuri Asih, S.Sos., M.Si. melakukan kunjungan ke Universitas Bengkulu (UNIB). Delegasi UT disambut dengan penuh persahabatan oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) UNIB, Dr. Yulian Fauzi, S.Si, M.Si, didampingi  Kepala Pusat Penjaminan Mutu LPMPP UNIB Dr. Gita Mulyasari, SP, M.Si, dan anggota Task Force Akreditasi Internasional ACQUIN (Kamis, 4/7/2024). Dari pihak UNIB, pada kesempatan baik tersebut, hadir juga Dekan FKIP UNIB, Abdul Rahman, S.Si, M.Si, Ph.D, beserta para Kepala Biro. Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk menimba ilmu dan pengalaman bagaimana proses akreditasi internasional bagi institusi sekaligus program studinya. Sebagaimana diketahui, UNIB telah sukses mendapatkan 69 sertifikat akreditasi internasional dari The Accreditation, Certification and Quality Assurance Institute (ACQUIN). ACQUIN sediri adalah asosiasi terdaftar pada EQAR (European Quality Assurance Register for Higher Education) yang berkantor pusat di Bayreuth – Jerman. EQAR merupakan lembaga akreditasi, sertifikasi dan penjaminan mutu bertaraf internasional yang diakui Kemendikbudristek, sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 83/P/2020 Tanggal 24 Januari 2020. ACQUIN bertujuan untuk mengakreditasi program sarjana dan magister di semua disiplin ilmu dan di semua jenis universitas untuk memastikan program gelar berkualitas tinggi, menciptakan transparansi pasar, meningkatkan daya tarik universitas bagi mahasiswa asing dan mempromosikan perbandingan gelar akademik. Keanggotaan ACQUIN sendiri lebih dari 150 universitas di Jerman, Swiss, Austria, Amerika Serikat, Liechtenstein, Mesir, Mongolia, dan Lebanon.

Delegasi  FKIP UT yang turut hadir pada kunjungan tersebut adalah Kaprodi S1 Pendidikan Fisika, Dr. Widiasih, Kaprodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Dr. Ary Purwantiningsih, S.H., M.H., Kaprodi S1 Pendidikan Matematika, Dr. Idha Novianti, S.Si., M.Pd., Kaprodi S1 Teknologi Pendidikan, Dra. Marisa, M.Pd., beserta Ketua Tim Gugus Pengendali Mutu (GPM) FKIP UT, Dr. Siti Julaeha, M.A. Para kaprodi FKIP UT mengikuti kegiatan kunjungan tersebut dengan sangat antusias mengingat saat ini prodi-prodi tersebut telah memeroleh lampu hijau dari pimpinan UT untuk mempersiapkan program peningkatan mutu dan kualitas akademik melalui akreditasi internasional. Pada kesempatan tersebut Irsanti menyampaikan bahwa UT terus melangkah maju bersama dalam rangka meningkatkan kualitas akademik dengan melakukan akreditasi internasional. Akreditasi ini merupakan bentuk pengakuan terhadap kualitas layanan, transparansi pengelolaan, serta memastikan program gelar berkualitas tinggi yang mendorong pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) institusi dan mewujudkan internasionalisasi perguruan tinggi. Ucapan terima kasih juga disampaikan Irsanti atas sambutan yang sangat baik dan sekaligus ilmu dan pengalaman yang dibagikan kepada delegasi UT.  Diskusi berlangsung kurang lebih dua jam dan diakhiri dengan pertukaran cinderamata dan foto bersama.