WEBINAR: Transformasi Artificial Intelligence (AI) dalam Media Pembelajaran Menjadi Langkah Inovatif Menuju Masa Depan Pendidikan di Era Digital

Tangerang Selatan, 25 Juni 2024 – Program Studi Pendidikan Fisika (PFIS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka sukses menggelar webinar bertajuk “Transformasi Media Pembelajaran di Era Digital dengan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI)”. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB dan diselenggaraka  secara virtual melalui platform Zoom dan Youtube . Webinar dihadiri  oleh 140 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, serta praktisi pendidikan dari berbagai wilayah di Indonesia. Jumlah peserta ini menandakan tingginya minat dan perhatian terhadap transformasi pendidikan di era digital.

Webinar dibuka oleh Dekan FKIP-UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan “pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence dalam pendidikan adalah langkah strategis dalam menghadapi tantangan dan peluang di masa depan. Teknologi ini membuka berbagai peluang baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, pengembangan kompetensi digital, serta efisiensi dan efektivitas dalam mengotomatisasi berbagai tugas administratif. Namun, kita juga perlu menyadari bahwa adopsi teknologi ini memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang memadai termasuk dalam etika pemanfaatannya” ucap dekan FKIP-UT dalam sambutannya. Ketua Program Studi PFIS FKIP-UT, Dr. Widiasih, M.Pd. juga menekankan dalam sambutannya bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman konsep, pengalaman dan best practice, serta mendorong inovasi pendidik dalam pemanfaatan AI. Webinar ini menjadi wadah bagi peserta dan pemateri untuk berbagi praktik terbaik dan berkolaborasi dalam memecahkan tantangan yang mungkin muncul dalam penerapan teknologi AI di bidang pendidikan.

Dr. Juli Firmansyah, S.Pd., M.Pd., selaku narasumber pertama menekankan pentingnya aspek etika dalam penerapan AI untuk memastikan teknologi ini digunakan secara bertanggung jawab dan mendukung lingkungan belajar yang positif. Pembahasan yang beliau sampaikan mencakup privasi dan keamanan, kontrol akses, serta prinsip-prinsip dasar etika dan contoh-contoh praktis yang relevan dengan penggunaan AI, khususnya dalam bidang pendidikan yang menggunakan prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) sehingga tidak terjadi bias ataupun bahaya lainnya.

Materi kedua yang bertajuk “Transformasi AI dalam Media Pembelajaran” disampaikan oleh Dr. Prima Dewi Purnamasari, S.T., M.Sc., yang merupakan Dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Beliau memaparkan berbagai inovasi dan aplikasi AI dalam dunia pendidikan yang dapat meningkatkan interaktivitas dan efektivitas pembelajaran, seperti pembuatan bahan ajar dengan menggunakan Canva, Gamma.app, dan Invideo.io. Penjelasan komprehensif dan aplikatif yang beliau sampaikan berhasil menarik perhatian peserta webinar, untuk memahami secara teknis dan praktek terkait penerapan AI dalam media pembelajaran. Antusiasme peserta terlihat pada saat sesi terakhir webinar, yaitu diskusi interaktif di mana para peserta berkesempatan untuk bertanya langsung kepada kedua narasumber.

Webinar diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada kedua narasumber oleh ketua program studi Pendidikan Fisika FKIP UT secara simbolis. Dengan suksesnya Webinar ini diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi para pendidik dan praktisi pendidikan untuk terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi AI dalam proses pembelajaran serta menjadi langkah awal menuju pendidikan berkualitas di masa depan, terutama bagi Pendidikan Tinggi di Universitas Terbuka yang telah berkomitmen untuk terus mendukung transformasi pendidikan yang adaptif dan inovatif di era digital.