Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2024

Sehubungan dengan kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Tahun 2024, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.

1. Dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilmapres Tingkat Nasional 2024 dan memotivasi mahasiswa UT meraih prestasi unggul dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, UT akan melaksanakan seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tahun 2024. Adapun tahapan seleksi dilaksanakan melalui 2 (dua) tahap yaitu seleksi tingkat UT Daerah dan tingkat UT.

2. Persyaratan peserta sebagai berikut.
    a. Terdaftar pada PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa Program Sarjana dan Diploma maksimal semester VIII;
    b. Berusia tidak lebih dari 23 tahun (S1) pada tanggal 1 Januari 2024 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau setara;
    c. Berusia tidak lebih dari 22 tahun (D3) dan tidak lebih dari 23 tahun (D4) pada tanggal 1 Januari 2024 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau yang setara;
    d. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.75.
    e. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris.
    f. Belum pernah menjadi finalis Pilmapres Tingkat Nasional;
    g. Melampirkan surat pengantar dari pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan (Wakil Rektor/Ketua/Direktur) yang menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan wakil resmi mahasiswa berprestasi Program Sarjana dari perguruan tingginya. Setiap perguruan tinggi hanya dapat mengirimkan 1 (satu) orang peserta Program Sarjana.

Setiap UT Daerah dapat mengirimkan lebih dari 1 (satu) orang peserta Program Sarjana dan Diploma.

3. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi tingkat UT Daerah selanjutnya melakukan pendaftaran untuk mengikuti seleksi tingkat UT melalui laman https://sl.ut.ac.id/PILMAPRESUT24 dengan melengkapi dokumen sebagai berikut.
a. portofolio Capaian Unggulan (CU) yang dilampiri bukti pendukung
b. Program Sarjana:
1) mengunggah naskah Gagasan Kreatif (GK) untuk menyelesaikan masalah pembangunan yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), dan Revolusi Industri 4.0. Naskah GK untuk Program Sarjana dapat berupa konsep/strategi. Penyusunan naskah GK Program Sarjana secara rinci dapat dilihat pada Pedoman Pilmapres Sarjana 2024.
2) membuat 1 (satu) video berdurasi 5 menit dalam bahasa Inggris yang berisi presentasi peserta tentang salah satu isu dari Tujuan Pembangunan Sustainable Development Goals (SDGs). Isu harus berbeda dari isu GK yang sudah ditulis. Hal ini untuk menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman terhadap isu-isu dari SDGs.

c. Program Diploma:
1) mengunggah naskah Produk Inovatif (PI) untuk menyelesaikan masalah pembangunan yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dan Revolusi Industri 4.0. Naskah PI berupa produk dalam bentuk prototipe/desain/sistem/model.
2) membuat 1 (satu) video berdurasi 5 menit dalam bahasa Inggris yang berisi presentasi peserta tentang salah satu isu dari Tujuan Pembangunan Sustainable Development Goals (SDGs). Isu harus berbeda dari isu Produk Inovatif (PI) yang sudah ditulis. Hal ini untuk menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman terhadap isu-isu dari SDGs.

4. Jadwal Pilmapres 2024 sebagai berikut.

5. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi tingkat UT melakukan pendaftaran melalui laman https://bit.ly/pendaftaran-pilmapres-PT-akademik dengan mengunggah kelengkapan dokumen sebagai berikut.
a. Surat pengantar dari perguruan tinggi yang ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan.
b. Borang pendaftaran peserta yang telah diisi lengkap sesuai format.
c. Peserta yang dinyatakan lolos desk evaluation oleh panitia Pilmapres akan mendapatkan password yang digunakan untuk:
1) mengisi portofolio Capaian Unggulan (CU) yang dilampiri bukti pendukung.
2) mengunggah naskah Gagasan Kreatif (GK).

  • Informasi Admisi dan Tes Masuk Program Magister Hukum Semester 2024/2025 Ganjil
     03 May 2024
  • Informasi Perpanjangan Batas Akhir Admisi Program Magister Semester2024/2025 Ganjil
     26 Apr 2024
  • Pengumuman Hasil SNBP SNPMB 2024
     28 Mar 2024
  • Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2024
     28 Mar 2024
  • Penawaran Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen,dan Keuangan (KBMK) Perguruan Tinggi 2024
     27 Mar 2024
  • Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2024
     22 Mar 2024