Benchmarking  Akreditasi Internasional sekaligus Penjajagan Kerja Sama, Dekan FKIP UT kunjungi FIP UM

Perkembangan dunia pendidikan yang pesat memberikan tantangan tersendiri bagi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP UT). FKIP UT sebagai fakultas pertama di UT yang berfokus pada dunia pendidikan  wajib mengikuti perkembangan tersebut serta beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Salah satu prioritas dalam bidang akademik ataupun nonakademik adalah kualitas layanan pendidikan yang dapat digambarkan dari hasil review atau akreditasi program studinya. Seiring dengan kebijakan pemerintah melalui Kemendikbudristek terkait pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU), FKIP UT turut mendukung universitas dalam memenuhi kriteria tersebut. Terkait dengan IKU 6, yaitu Kemitraan Program Studi serta upaya internasionalisasi layanannya, FKIP UT terinspirasi untuk mengikuti jejak Fakultas lain di UT yang telah mengajukan akreditasi internasionalnya.

Terkait dengan tujuan menimba ilmu dari institusi yang sudah berpengalaman, Dekan FKIP UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc., melakukan kegiatan benchmarking kesiapan akreditasi internasional ke Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (FIP UM) yang terletak di Kota Malang (13/12/2023). Dalam kegiatan ini, Dekan FKIP UT didampingi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kaprodi PGSD), Alpin Herman Saputra, S.Pd., M.Pd, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika (Kaprodi PMAT), Dr. Idha Novianti, S.Si., M.Pd., dan Sekretaris Dekan Novi Erkana, S.Pd. Pada kesempatan tersebut delegasi FKIP UT disambut hangat oleh jajaran pimpinan FIP UM yang dipimpin oleh Dekan, Dr. Ahmad Yusuf Sobri, S.Sos, M.Pd, Wakil Dekan I, Dr. Sri Wahyuni, M.Pd dan seluruh Kaprodi di lingkungan FIP UM, serta Gugus Penjaminan Mutu.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa FIP UM telah meraih akreditasi internasional dari Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programs (AQAS) untuk 6 Departemen/Program Studi, yaitu Departemen Bimbingan dan Konseling, Departemen Pendidikan Luar Sekolah, Departemen Administrasi Pendidikan, Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Departemen Teknologi Pendidikan dan Departemen Pendidikan Luar Biasa, FKIP UT berinisiatif untuk menimba ilmu dan pengalaman dari FIP UM.

Kegiatan benchmarking diawali dengan sambutan dari Dekan FIP UM dan pengenalan FIP UM oleh WD I FIM UM. Selanjutnya, membahas strategi dalam persiapan akreditasi internasional AQAS yang disampaikan oleh WD I FIM UM. Ditutup dengan diskusi tanya jawab. Melalui kegiatan benchmarking ini, FKIP-UT berencana mengajukan tiga program studi untuk akreditasi internasional AQAS, yaitu S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, dan S1 Pendidikan Matematika.

UT dan UM telah menjalin kerja sama cukup lama, terutama dalam pelaksanaan pengembangan bahan ajar dan tutorial UT yang melibatkan banyak dosen UM sebagai pakar pada bidangnya. Pada kesempatan baik tersebut, Dekan FKIP UT dan Dekan FIP UM juga menjajagi kerja sama dan kolaborasi lebih lanjut ke depannya. Oleh karena itu, keduanya bersepakat untuk menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Semoga FKIP UT dan FIP UM dapat terus mengembangkan kolaborasi dalam memberikan layanan Pendidikan terbaik bagi anak bangsa.