Tangerang Selatan, 18 Juni 2025 — Di tengah tantangan transformasi pendidikan abad ke-21, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP UT) kembali menghadirkan forum ilmiah reflektif melalui Seminar Akademik FKIP UT Seri ke-8, bertajuk “ Membangun Ekosistem Inovatif, Teknologi Pendidikan sebagai Fondasi Kolaborasi”. Kegiatan ini menjadi ruang strategis bagi komunitas pendidikan untuk mendalami peran teknologi dalam memperkuat jejaring kolaboratif dan mendorong inovasi yang berdampak luas.
Seminar ini dihadiri oleh 147 peserta dari berbagai latar belakang, mulai dari dosen, guru, mahasiswa, dan civitas akademika. Diselenggarakan secara daring melalui Zoom dan YouTube, antusiasme peserta sangat tinggi, yang mencerminkan pentingnya transformasi digital dalam dunia pendidikan saat ini. Acara dibuka secara resmi oleh Dr. Heni Safitri, S.Pd., M.Si., Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP UT, yang dalam sambutannya menegaskan bahwa teknologi pendidikan bukan sekadar alat bantu, namun sangat diperlukan dalam membangun ekosistem yang inovatif dalam membentuk sistem pembelajaran yang inklusif, adaptif, dan berorientasi masa depan.
Sesi utama menghadirkan narasumber Dr. Tepati Hak Kewajiban, M.Pd., Dosen Prodi Teknologi Pendidikan FKIP UT. Dalam paparannya, Dr. Tepati menekankan bahwa teknologi pendidikan adalah bidang studi dan praktik etis yang berlandaskan teori belajar, riset ilmiah, dan tanggung jawab sosial. “Teknologi pendidikan adalah proses etis dan ilmiah dalam menciptakan, menggunakan, dan mengelola sumber daya pembelajaran secara tepat guna. Dengan landasan tersebut, teknologi dapat memperluas akses pendidikan, memperkuat kolaborasi lintas sektor, dan mendorong inovasi yang berkelanjutan,” ujarnya. Beragam contoh kolaborasi inovatif turut dibagikan oleh beliau.
Sesi diskusi yang dipandu oleh Rika Aprianti, M.Pd. berlangsung aktif dan reflektif. Sejumlah peserta turut menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kritis dan konstruktif, yang menyoroti berbagai isu strategis mulai dari kolaborasi digital, implementasi teknologi di sekolah menengah, hingga strategi nasional pendidikan di era AI dan big data. Seminar ini mempertegas posisi FKIP UT sebagai pionir pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh yang adaptif terhadap perubahan zaman, serta berkomitmen membangun masa depan pendidikan yang inklusif, berkelanjutan, dan berdaya saing global.