FKIP UT Jalin Kerja Sama dengan ABKIN Terkait Pengembangan Prodi BK 

Universitas Terbuka (UT) secara resmi menjalin kerjasama dengan Pengurus Besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (PB-ABKIN) untuk persiapan pendirian Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Prodi BK FKIP) UT. 

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Dekan FKIP UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc dengan Sekretaris Jenderal PB ABKIN, Fathur Rahman, M.Si di Ruang Sidang Wisma 2 Universitas Terbuka, Pondok Cabe (30/09/2024). 

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc, mengapresiasi kehadiran pengurus PB ABKIN dan berterima kasih atas kesediaan waktu dan kesempatan untuk menjalin kerja sama dengan FKIP UT. Dekan berharap agar kerja sama ini terus berlanjut sampai launching Prodi BK FKIP UT mendatang, kemudian berlanjut pada kerja sama dalam mengembangkan bahan ajar, bahan ujian,  hingga proses pembelajaran Prodi BK FKIP UT berlansung secara optimal sampai menghasilkan lulusan Prodi S1 BK yang profesional dan siap ditempatkan di mana saja.  

Selanjutnya Sekjen PB ABKIN, Fathur Rahman, M.Si menyampaikan bahwa Ketua ABKIN membuka  kesempatan pendirian Prodi Bimbingan dan Konseling pada jenjang S1, S2, S3  dan Pendidikan Profesi Konselor di LPTK dalam mendukung pencapaian cita-cita pendidikan Indonesia, dalam hal ini termasuk Prodi BK di UT yang terkenal dengan modus Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ). ABKIN bertekad untuk mengawal mutu “adik bungsu BK”  penyelenggara Prodi BK di Indonesia. Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa Prodi BK  sedang menjadi primadona pada saat ini, dimana BK perlahan digunakan di berbagai sektor dan lini lembaga pemerintahan maupun swasta. Beliau juga menekankan  bahwa Pengurus Daerah (PD) ABKIN juga siap untuk memfasilitasi dan  mengawal mutu penyelenggaraan prodi BK UT yang membutuhkan ruang untuk pelaksanaan perkuliahan di universitas pelaksana prodi BK dibawah naungan PB ABKIN.

Kegiatan ini di hadiri oleh Wakil Dekan 2 FKIP UT Dra. Isti Rokhiyah, M.A., Ph.D, Wakil Dekan 3, Dr. Lidwina Sri Ardiasih, S.Pd., M.Ed., serta pengurus PB ABKIN, tim satgas Prodi BK, Tim penyusun RMK Prodi BK yang terdiri dari dosen dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY ), Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.