Kuatkan Sinergi dalam Mencerdaskan Anak Bangsa, Pimpinan FKIP-UT Sambangi Dua Perguruan Tinggi di Jawa Timur

Institusi Pendidikan tinggi dewasa ini perlu memprioritaskan pentingnya menjaga dan sekaligus meningkatkan kualitas layanannya, baik akademik ataupun nonakademik. Dalam upaya tersebut, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP-UT) turut ambil bagian dengan membangun sinergi dengan perguruan tinggi (PT) mitra. Pada kesempatan ini, pimpinan FKIP UT secara terpisah menyambangi dua universitas negeri di wilayah Jawa Timur, yaitu Universitas Trunojoyo yang berlokasi di Madura (UTM) dan Universitas Jember (UNEJ) pada 31 Mei 2024. Adapun Fakultas Ilmu Pendidikan pada kedua PT tersebut, seperti halnya FKIP-UT, telah berkomitmen bergabung dengan Forum Komunikasi (Forkom) Pimpinan FKIP Negeri Se-Indonesia yang terbentuk pada tahun 2019 lalu.

Sebagaimana rutinitas setiap semester, baik pimpinan fakultas (Dekanat) ataupun para kaprodi diberikan kesempatan untuk melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap kualitas layanan pembelajaran dan ujiannya. Pada semester 2023/2024 Genap, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. selaku Dekan FKIP UT dan dosen dari Pendidikan Biologi (PBIO) UT bersama tim peneliti  berkesempatan untuk melanjutkan kerja sama pada bidang penelitian dan publikasi. Kegiatan tersebut merupakan implementasi kerja sama yang telah dijalin oleh UT, Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) UTM, dan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Kesempatan baik tersebut dimanfaatkan untuk menyambangi FIP UTM yang disambut dengan hangat oleh Dekan FIP UTM, Dr. Hani’ah, S.Pd., M.Pd. Adapun kedua pihak menyepakati untuk menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) antara kedua fakultas tersebut dengan ruang lingkup bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada Masyarakat.

Pada kesempatan lain, Dra. Isti Rokhiyah, M.A., Ph.D. selaku wakil Dekan Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum (WD II) FKIP UT, mengunjungi UNEJ yang telah menjadi mitra FKIP UT bertahun-tahun, antara lain dalam kegiatan pengembangan bahan ajar dan bahan ujian, serta layanan bantuan belajar. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mendiskusikan tindak lanjut dan implementasi kerja sama berupa penyelenggaraan praktikum Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Kimia. Kehadiran WD II FKIP UT yang didampingi oleh Manajer Bahan ajar dan Ujian pada UT Jember, Inneke Putri Widyani, S.E., M.Si., disambut baik oleh WD II FKIP UNEJ, Drs. Kayan Swastika, M.Si., dan WD III, Dr. Muhammad Naim, M.Pd.

FKIP UT terus menerus meningkatkan kualitas layanannya melalui kerja sama dengan para mitra dari berbagai institusi. Dua kegiatan tersebut menjadi salah satu bukti FKIP UT melakukan pemeliharaan hubungan baik dengan para mitra, terutama dalam memberikan layanan pendidikan berkualitas kepada anak bangsa.