MoA UT dan SIKK: Upaya Menghadirkan Pendidikan Berkualitas di Era Global

Kota Kinabalu, 4 Juni 2024 – Universitas Terbuka (UT) dan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) resmi menjalin kerja sama dalam bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Kerja sama ini dituangkan dalam bentuk Memorandum of Agreement (MoA) yang ditandatangani oleh Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis UT) dan Sahyuddin, S.Pd., MA TESOL (Kepala SIKK). Dalam acara penandatanganan MoA yang berlangsung di Kota Kinabalu, UT diwakili oleh Anto Hidayat, S.IP., M.Si., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran dan Kerja Sama pada Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) dan perwakilan dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UT.

MoA ini memiliki ruang lingkup yang luas dan strategis, mencakup peningkatan kualitas pembelajaran siswa community learning center (CLC), penguatan serta penambahan kompetensi guru dalam bidang kepemimpinan, pendidikan, keterampilan, dan kewirausahaan, serta penguatan soft skill mahasiswa UT dalam kemampuan komunikasi, kolaborasi, dan daya saing di tingkat global. Selain itu, kerja sama ini juga mencakup partisipasi dalam seminar dan pertemuan bagi guru dan pegawai dalam jejaring SIKK, peningkatan kapasitas dan pemberdayaan sumber daya manusia kedua belah pihak, pengabdian kepada masyarakat, serta bidang lain yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Hasil dari pelaksanaan MoA ini diharapkan dapat terselenggaranya program-program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, yang berkualitas. Program-program tersebut akan dirancang untuk menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat di era global. Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas serta pemberdayaan sumber daya manusia baik di lingkungan UT maupun SIKK.

Penandatanganan MoA ini menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, serta mempererat hubungan kerja sama antara kedua institusi demi kemajuan bersama. Melalui sinergi ini, diharapkan tercipta inovasi-inovasi baru dalam metode pembelajaran dan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Kerja sama ini juga mencerminkan komitmen kedua institusi untuk terus berkontribusi positif dalam dunia pendidikan dan pengabdian masyarakat, baik di tingkat lokal maupun internasional.

Siti Utami Dewi Ningrum, S.S., M.A. (Dosen PPKn FKIP Universitas Terbuka)