Sukseskan Puncak FORKOM Pimpinan FKIP Negeri Se-Indonesia 2024: Delegasi Pimpinan FKIP UT Luncur ke Palembang

Universitas Terbuka (UT) sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) pada usianya di empat dasa warsa terus meningkatkan kualitas layanan akademik dan nonakademik kepada mahasiswa dan stakeholder. Berbagai bentuk kegiatan ataupun modus dilakukan sebagai sarana untuk peningkatan kualitas tersebut. Bergabung dalam komunitas yang memiliki tujuan yang sama serta penjalinan kerja sama atau kemitraan merupakan salah satu bentuk realisasi UT dalam mengaktualisasikan diri sebagai PTTJJ. Hal tersebut didasari oleh kebutuhan UT akan bantuan dan kerja sama dari pihak atau institusi lainnya.  

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT merupakan fakultas yang memberikan layanan kepada para guru dan calon guru. Dalam menyelenggarakan proses pembelajarannya, FKIP UT tidak dapat terlepas dari berbagai institusi pendidikan, mulai dari jenjang pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi. Dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas layanannya, FKIP UT bergabung dengan Forum Komunikasi (Forkom) Pimpinan FKIP Negeri Se-Indonesia yang beranggotakan 34 perguruan tinggi negeri di seluruh tanah air. Forkom ini memiliki agenda tahunan pertemuan antar Dekan, WD I, WD II, WD III dan para ketua jurusan atau ketua program studi. 

Pertemuan anggota Forkom yang diselenggarakan secara rutin berupa pertemuan sela serta pelaksanaan perlombaan bagi mahasiswa anggota Forkom, sedangkan jadwal dan lokasi puncak kegiatan disepakati bersama oleh seluruh anggota. Pada tahun 2024, puncak rangkaian kegiatan Forkom diselenggarakan di Kota Palembang, Sumatera Selatan, dengan tuan rumah FKIP Universitas Sriwijaya (19-21/09/2024). Pada kegiatan ini, FKIP UT mengirimkan sebanyak 19 delegasi yang terdiri dari Dekan, WD III, para kaprodi, serta mahasiswa yang masuk ke babak final perlombaan mahasiswa.  

Pembukaan acara Puncak Forkom tahun 2024 dilaksanakan bersamaan dengan Pembukaan Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC) 2024 diselenggarakan di Hotel Santika Premiere Bandara Palembang. Pada hari kedua, kegiatan persidangan pimpinan FKIP dan perlombaan mahasiswa diselenggarakan di kampus UNSRI Indralaya. Pada acara penutupan Puncak Forkom Pimpjnan FKIP Negeri se-Indonesia diumumkan para pemenang Lomba Mahasiswa. FKIP UT berhasil meraih tiga prestasi, yaitu:  

  1. Juara III Lomba Media Pembelajaran Digital Bidang Sosial dan Humaniora atas nama Muhammad Septa Rahmansyah, mahasiswa pada Prodi S1 PGSD UT Jakarta. 
  2. Juara II Views Terbanyak pada Youtube Kategori Solo Dangdut Putra atas nama Moh. Faizal Iqbal Hakim, mahasiswa pada Prodi S1 PKIM UT Semarang. 
  3. Juara III Views Terbanyak pada Youtube Kategori Solo Pop Putra atas nama Alief Anugerah Sani, mahasiswa pada Prodi S1 PKIM UT Bogor.  

Selain itu, kesempatan baik pada pertemuan antar anggota Forkom ini juga dimanfaatkan juga oleh para pimpinan  FKIP UT untuk mempererat penjalinan kerja sama dan kemitraan dengan FKIP anggota Forkom lainnya, baik melalui perjanjian kerja sama ataupun dokumen implementation arrangement (IA), antara lain dengan  Universitas Borneo Tarakan (UBT), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Negeri Lampung (UNILA), Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bengkulu (UNIB), Universitas Sriwijaya (UNSRI), Universitas Mataram (UNRAM), Universitas Jember (UNEJ), Universitas Riau (UNRI), Universitas Mulawarman (UNMUL), dan Universitas Palangkaraya (UPR). 

Kegiatan Forkom Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia ini merupakan wadah bagi para pimpinan FKIP untuk berkomunikasi dan saling bertukar pengalaman dalam proses peningkatan kualitas layanan akademik dan nonakademik bagi mahasiswa. Oleh karena itu, setiap anggota diharapkan dapat terus berpartisipasi aktif dan memetik hasil positif dari kebersamaan dan kemitraan antar anggota untuk mengembangkan institusi masing-masing. FKIP UT sebagai salah satu anggota Forkom juga mengambil sisi baik dari keanggotaan pada komunitas ini, tidak hanya secara kelilmuan tetapi juga termasuk dalam sisi manajemen perguruan tingginya.