Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP UT) telah berhasil menyelenggarakan Workshop dan Pelatihan KIT Tutorial dan Calon Tutor TUTON bagi CPNS dan PPPK Tahun 2024. Acara ini berlangsung selama tiga hari, dari 26 hingga 28 Agustus 2024, di Ruang Narada, Gedung Prof. Setijadi Lantai 1 dan diikuti oleh 27 dosen CPNS dan PPPK dari berbagai program studi di FKIP UT. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara FKIP UT dengan Pusat Sumber Daya Manusia (PSDM) UT sebagai tindak lanjut kegiatan orientasi pegawai baru di lingkungan UT.
Workshop yang diselenggarak selama tiga hari dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran, dan Kerja Sama (Wadek III) FKIP UT, Dr. Lidwina Sri Ardiasih, S.Pd., M.Ed. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai ajang bagi para dosen baru untuk memahami ragam layanan pembelajaran dan sistem penyelenggaraan tutorial online di UT, mengingat UT hingga saat ini merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang sejaka berdirinya telah menerapkan sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) .
Selama kegiatan, FKIP UT melibatkan para ketua program studi sebagai instrukturnya. Beberapa topikdan materi penting dibagikan kepada para peserta, antara lain tentang “Konsep dan Strategi Pelaksanaan Tutorial Online”, “Pemanfaatan Sumber Belajar dan Kebijakan Penyelenggaran Matakuliah Praktik/Praktikum di lingkungan UT”. Selain paparan materi, para peserta dosen CPNS dan PPPK juga diberikan bimbingan teknis oleh para instruktur ahli tentang pengoperasian Learning Management System atau LMS yang ada di UT.
Selain itu, Para dosen juga mendapatkan pelatihan dalam mengembangkan Kit Tutorial yang terdiri dari Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT) dan Satuan Aktivitas Tutorial (SAT). Dengan pelatihan ini, para dosen diharapkan dapat menciptakan produk pembelajaran yang inovatif dan berkualitas, guna meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi mahasiswa.
Universitas Terbuka berharap melalui kegiatan ini, para dosen CPNS dan PPPK dapat beradaptasi dengan cepat dan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas pembelajaran di kampus.