Seminar Akademik Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka Seri 2: Menyongsong Era Baru Dalam Analisis Data Pembelajaran

Tangerang Selatan – Dalam rangka memperkuat pemahaman mengenai pentingnya analisis data dalam konteks pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka menggelar Seminar Akademik bertajuk “Analisis Data Belajar: Peduli dan Memahami Lebih Dekat Pemelajar Beserta Konteksnya” pada hari Jum’at, 9 Agustus 2024 secara daring. Seminar ini menghadirkan narasumber yang merupakan dosen Prodi Pendidikan Agama Islam, Dr. Izzul Fatawi, M.Pd.I. Acara ini dibuka dengan arahan dari Wakil Dekan Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum pada FKIP, Dra. Isti Rokhiyah, M.A., Ph.D. yang menekankan pentingnya memahami data belajar secara lebih mendalam untuk menciptakan strategi pendidikan yang lebih efektif dan inklusif. Beliau menyampaikan bahwa di era digital ini, data belajar bukan hanya sekadar angka, tetapi merupakan cerminan dari dinamika pembelajaran yang kompleks dan perlu dianalisis dengan pendekatan yang holistik.

Seminar Akademik Seri Kedua ini dihadiri oleh 110 peserta yang terdiri atas civitas akademika di Universitas Terbuka dan juga para mahasiswa FKIP Universitas Terbuka. Dr. Izzul Fatawi, M.Pd.I. mengajak peserta untuk mengeksplorasi pendekatan baru dalam memahami dan menganalisis data belajar, dengan fokus pada konteks dan karakteristik unik setiap pemelajar. Tidak hanya itu, beliau juga memaparkan berbagai metodologi terbaru dalam analisis data pembelajaran, penggunaan teknologi dalam pengumpulan data, analisis perilaku belajar siswa, serta bagaimana data tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan.

Seminar ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para peserta untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang analisis data belajar dan aplikasinya dalam dunia pendidikan. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan antara akademisi, praktisi, dan mahasiswa, guna menciptakan inovasi baru dalam proses pembelajaran yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan pemelajar di berbagai konteks pendidikan.