Upaya Peningkatan Kualitas PJJ:  FKIP UT Gelar Workshop Pengembangan Kit Tutorial 2024

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP UT) menyelenggarakan “Workshop Pengembangan Kit Tutorial 2024” (11-13/7/2024). Workshop ini diadakan secara hybrid, menggabungkan sesi luring di Gedung Kualitasi Lantai 3 UT, Pondok Cabe, Tangerang Selatan dengan daring melalui Zoom Meeting.

Tujuan utama workshop ini adalah meningkatkan kualitas kit tutorial yang kemudian dikembangkan dalam bentuk bahan tutorial sehingga dapat digunakan oleh dosen dan tutor di UT. Workshop ini diikuti oleh 80 peserta, terdiri dari staf pengajar internal UT dan peserta dari sekitar 30  institusi pendidikan eksternal yang dilibatkan untuk menulis dan memperdalam kompetensi dalam pengembangan kit tutorial yang efektif dan inovatif.

Dekan FKIP UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc., dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan,  menyampaikan bahwa sebanyak 80 mata kuliah yang akan dikembangkan dan sudah disesuaikan dengan kurikulum baru, akan diterbitkan tahun depan. “Oleh karena itu, pengembangan kit tutorial harus dilakukan sejak dini,” jelas beliau. Prof. Ucu menekankan bahwa kit tutorial merupakan produk wajib akademik yang dikeluarkan oleh prodi sebagai panduan pembelajaran untuk semua tutor dalam kegiatan tutorial UT.

Pada kesempatan ini, FKIP UT menghadirkan narasumber dari Tim Penyusun Materi Kit Tutorial UT, Dr. Pepi Rospina Pertiwi, S.P., M.Si. yang memberikan arahan dan motivasi kepada para peserta untuk mengembangkan produk yang kreatif dan inovatif. Beliau menyampaikan bahwa workshop ini merupakan bagian dari komitmen UT untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan jarak jauh di Indonesia. UT berharap melalui kegiatan ini, para peserta dapat mengembangkan bahan tutorial yang lebih kreatif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Selama tiga hari workshop, para peserta mengikuti berbagai sesi pelatihan yang mencakup topik-topik penting, antara lain pengertian, pengisian, dan komponen-komponen Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT) dan Satuan Acara Tutorial (SAT) yang akan diterapkan untuk kegiatan Tutorial Online (tuton), Tutorial Tatap Muka (TTM), Tutorial Webinar (Tuweb), serta Praktik/Praktikum. Selain sesi pelatihan, workshop ini juga menyediakan ruang diskusi dan berbagi pengalaman bagi para peserta untuk membahas tantangan dan solusi dalam pengembangan bahan tutorial. Melalui interaksi ini, diharapkan tercipta kolaborasi yang dapat mendorong inovasi dan peningkatan kualitas bahan ajar di berbagai institusi pendidikan.

Pada hari ketiga, panitia melakukan progress check dan hasilnya menunjukkan antusiasme dan kerja sama yang cukup baik dari para penulis. Sebagian besar penulis menyelesaikan proses pengembangan kit tutorial dan siap ditelaah. Setelah progress check, kegiatan ditutup secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran, dan Kerja Sama, Dr. Lidwina Sri Ardiasih, M.Ed.

Workshop Pengembangan Kit Tutorial 2024 merupakan salah satu contoh komitmen UT dalam meningkatkan kualitas pendidikan jarak jauh di Indonesia. Dengan membekali para dosen dan tutor dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam mengembangkan bahan tutorial yang kreatif dan inovatif, UT berupaya untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih optimal bagi para mahasiswanya. Melalui workshop ini, UT berharap dapat terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia dan memberikan akses pendidikan berkualitas bagi seluruh masyarakat.