Sinergisitas Dosen FKIP-UT dengan MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Bogor melalui Giat PkM Pelatihan Aplikasi Mendeley dan Turnitin dalam Menulis Artikel Ilmiah

Bogor, 8 Juni 2024 –Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Universitas Terbuka (PBIN,FKIP-UT) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam bentuk pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley dan Turnitin untuk penulisan artikel ilmiah bagi guru bahasa Indonesia di Kabupaten Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para guru agar dapat menggunakan aplikasi Mendeley dan Turnitin dalam penulisan, penyisipan, pengutipan (sitasi) dan pembandingan orisinalitas artikel ilmiah agar penulisan artikel lebih efektif, dan tidak terkena plagiasi.

Tim PkM PBIN yang diketuai oleh Rahma Dewi Hartati, M.Pd., dan beranggotakan Refisa Ananda, M.Pd., Murni Maulina, M.Pd., Dra. Ratu Badriyah, M.Pd.,Dr. Syafruddin, M.Pd, serta melibatkan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, yaitu Hilma Aulia memberikan pelatihan Mendeley dan Turnitin didasari dari kebutuhan pengetahuan baru yang dibutuhkan para guru Bahasa Indonesia dalam penulisan karya ilmiah.

Mitra PkM ini adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (MGMP) Kabupaten Bogor yang diketuai oleh Bapak Edyar Rahayu Malik, M.Pd., dan dihadiri pula pengawas MGMP Bahasa Indonesia yang mewakili Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, yaitu Bapak Abdul Syukur, M.Pd. Pengawas MGMP pun menyambut dengan baik kegiatan pelatihan berupa penggunaan aplikasi Mendeley dan Turnitin yang merupakan salah satu aplikasi baru yang dapat digunakan para guru dalam pembelajaran karya tulis ilmiah di sekolah. Bapak Abdul Syukur, M.Pd., pun mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi fasilitas bagi para guru untuk mengembangkan diri dengan ilmu baru yang didapatkan di dalam pelatihan. Hal tersebut pun sejalan dengan antusias kehadiran para guru MGMP berjumlah 27 peserta yang mewakili beberapa wilayah MGMP Kab. Bogor bagian timur, barat, utara, dan tengah.

Kegiatan pelatihan ini dilakukan dalam dua sesi dan dibentuk kelompok secara baris dengan tujuan agar para guru tetap bisa saling berdiskusi. Sesi pertama yaitu pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley yang dipandu oleh salah satu dosen teknologi pendidikan, FKIP-UT yaitu Bapak Dr. Andy Sapta, S.Pd., M.Pd., M.Si., yang ikut bergabung dalam pelatihan sebagai narasumber. Beliau pun secara komunikatif, inovatif, dan tentunya persuasif dalam mengajarkan langkah-langkah penggunaan aplikasi mendeley, agar para guru tetap konsentrasi secara optimal saat mengaplikasikan Mendeley dalam penulisan karya ilmiah. Para guru pun tampak antusias bertanya kepada narasumber dan fasilitator kelompok yaitu para dosen prodi PBIN yang terlibat dalam giat PkM.

“Pelatihan ini bagus sekali, dan bermanfaat, apalagi kita dimudahkan untuk melatih sitasi saat menulis artikel dengan catatan spesifikasi laptop harus memadai, seperti yang disampaikan Pak Andy” ucap Pak Azwar Isahak salah satu peserta pelatihan yang begitu fokus memperhatikan narasumber.

Di akhir sesi pertama, perwakilan peserta diminta untuk presentasi penerapan aplikasi Mendeley yang dipahami, yaitu Ibu Khadijah Nurhikmah dan Bapak Edyar Rahayu Malik. Peserta begitu semangat, jelas, dan percaya diri dalam mempresentasikan aplikasi Mendeley yang sudah dijelaskan oleh narasumber.

Tak kalah menarik, di sesi kedua, peserta diajak untuk mengaplikasikan Turnitin ke dalam hasil karya ilmiah yang sudah atau pernah dibuat oleh peserta untuk memeriksa tingkat keakuratan dan keaslian karya yang dibuat. Sesi dua dipandu oleh narasumber yang begitu komunikatif, yaitu Ibu Refisa Ananda, M.Pd. Para peserta disiapkan akun yang dapat digunakan untuk memeriksa tingkat plagiasi tulisan mereka. Dengan langkah-langkah yang jelas dipaparkan oleh narasumber, peserta langsung bisa mengaplikasikan, betapa terkejutnya ketika hasil karya yang dibuat oleh peserta maupun anak didiknya melebihi batas toleransi kemiripan 30%. Peserta pun semakin tertarik untuk mulai memeriksa pengerjaan tulisan peserta didik maupun pribadi, agar lebih memotivasi untuk memperbaiki.

“Wuah, lumayan hasil turnitin 34% masih harus diperbaiki” ucap Ibu Wiwik Murtiningsih.

Pelatihan pun diakhiri dengan refleksi para peserta yang dipandu oleh pembawa acara yaitu, Ibu Murni Maulina, M.Pd. Para peserta begitu sangat senang diadakan pelatihan ini dan mereka berharap pelatihan serupa pun dapat diselenggarakan kembali, agar para guru Bahasa Indonesia terus mendapatkan ilmu dan informasi baru.

“Pelatihan yang mantap, semoga ada lagi yang seperti ini. Saya pasti akan hadir.” Ungkap Pak Sopyan Munawar salah satu peserta yang selalu ceria. (RDH)