Pererat Jalinan Kemitraan dengan FKIP UNDANA, FKIP UT Sambangi Kampus UNDANA di Kupang

Kerja sama antara Universitas Terbuka (UT) dan Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang telah terjalin sejak 1986 ketika UT membuka Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Kupang. UT dan UNDANA saling bekerja sama dan bergandengan tangan dalam merintis perkembangan kedua institusi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT dan FKIP UNDANA yang sama-sama berkiprah di bidang pendidikan masih terus mempererat jalinan kerja sama hingga saat ini, terlebih keduanya sama-sama berstatus sebagai anggota Forum Komunikasi (FORKOM) FKIP Negeri Se-Indonesia yang dibentuk secara resmi tahun 2005 lalu.

Pada tahun 2022, Dekan FKIP UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. dan Dekan FKIP UNDANA, Dr. Malkisedek Taneo, M.Si. secara resmi melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kedua institusi berharap bahwa dengan PKS tersebut, baik pihak FKIP UT ataupun FKIP UNDANA dapat saling mendukung dalam upaya memberikan layanan terbaik dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan MBKM. Dalam implementasinya, FKIP UT sebagai penyelenggara sistem pendidikan jarak jauh (PJJ) sangat memerlukan support dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia, yaitu sebagai pengembang bahan ajar dan bahan ujian. Selain itu juga dalam memberikan layanan bantuan belajar mahasiswa dengan bertugas sebagai tutor, baik tutor dalam tutorial online (tuton), tutorial tatap muka (TTM), tutorial webinar (tuweb) ataupun tutor pada kegiatan praktik/praktikum. Dalam hal ini, FKIP UNDANA sebagai mitra FKIP UT dapat berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan SDM tersebut.

Dalam upaya menindaklanjuti jalinan kerja sama tersebut, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran, dan Kerja Sama (WD III) FKIP UT, Dr. Lidwina Sri Ardiasih, M.Ed. berkesempatan berkunjung ke kampus FKIP UNDANA di Kupang (Kamis, 4/7/2024). Pada kunjungan tersebut turut hadir Direktur UT Kupang, Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd. dan beberapa dosen UT Kupang. Kunjungan delegasi UT disambut langsung dengan sangat baik oleh Dekan FKIP UNDANA, Dr. Malkisedek Taneo, M.Si. didampingi oleh Wakil Dekan I, Dr. Damianus D. Samo, M.Pd. Pada pertemuan tersebut, Dekan FKIP UNDANA sempat mengisahkan perjuangannya berkontribusi di UT sejak masa-masa awal perkembangan UT Kupang dan menyampaikan tekadnya untuk terus mendukung UT dalam proses pembelajarannya.

Beberapa implementasi dari kerja sama antara FKIP UT dengan FKIP UNDANA yang telah disepakati bersama dan tercantum pada implementation arrangement (IA) untuk semester 2023/2024 Genap antara lain keterlibatan dosen pada FKIP UNDANA sebagai tutor pada tutorial online FKIP UT yang berlangsung pada bulan April – Juni 2024. Pada akhir pertemuan dilakukan penandatanganan IA oleh Dekan FKIP UNDANA didampingi WD I, disaksikan oleh Direktur UT Kupang dan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata serta foto bersama. WD III FKIP UT tidak lupa menyampaikan salam hangat dari Dekan FKIP UT dan ucapan terima kasih atas sambutan yang penuh persahabatan. Semoga jalinan kerja sama ini terus terjaga dan semakin erat dalam upaya memajukan pendidikan di tanah air.