Seminar Akademik Prodi PBIN Universitas Terbuka: Menguasai Teknologi dan Mempertajam Keterampilan Presentasi

Tangerang Selatan, 01/06/2024 — Seminar akademik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBIN) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka (UT) merupakah salah satu kegiatan akademik yang rutin dilaksanakan untuk meningkatkan suasana akademik bagi mahasiswa, dosen serta masyarakat umum.

Tema yang diangkat pada Seminar akademik PBIN kali ini adalah “Kuasai Teknologi, Pertajam Visualisasi, Kuatkan Presentasi”.  Seminar tersebut menghadirkan pembicara yaitu Bapak Fajri Ma’rifatullah yang merupakan Professional Slide Designer. Beliau juga Direktur pada  Bengkel Kreasi Bersama (Bengkelslide). Selain itu, seminar ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang mengikuti Mata Kuliah Berbicara untuk berpartisipasi sebagai pemakalah pada sesi paralel. Mahasiswa memaparkan hasil penelitiannya yang berhubungan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya.

Peserta kegiatan ini mendapatkan e-sertifikat. Artikel-artikel yang dipresentasikan di sesi paralel juga diterbitkan dalam e-prodising Seminar akademik PBIN yang dapat diakses pada laman berikut https://conference.ut.ac.id/index.php/psapbin. Selain itu, sepuluh artikel terbaik akan diterbitkan pada jurnal Diftong (Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) yang dapat diakses di laman https://jurnal.ut.ac.id/index.php/diftong .

Seminar diselenggarakan secara daring dihadiri kurang lebih 420 peserta melalui melalui zoom conference dengan tautan https://sl.ut.ac.id/SeminarAkademikPBIN202401 dilihat kurang lebih 361 penonton melalui Youtube Universitas TerbukaTV (UTTV) dengan tautan https://sl.ut.ac.id/SeminarAkademikPBIN202401-UTTV pada 1 Juni 2024 pukul 08.30WIB hingga selesai. Acara dimulai dengan pembukaan acara oleh Pewara yaitu Rahma Dewi Hartati, M.Pd.  Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne UT. Setelah itu, pembacaan doa oleh Dr. Achmad Anwar Abidin, M.Pd.I.

“Mahasiswa yang akan mempresentasikan  makalah pada seminar kali ini berjumlah 112 mahasiswa di sesi paralel. Mereka akan terbagi dalam 12 ruang. Kami harap rekan-rekan mahasiswa dapat menyajikan makalah secara maksimal dan mempresentasikannya secara menarik sesuai tema pembicara utama. Kehadiran mahasiswa sebagai pemakalah merupakan implementasi dari praktik berbicara yang merupakan tugas wajib mahasiswa yang mengikuti mata kuliah berbicara PBIN 4330. Kami juga menghimbau peran serta mahasiswa untuk mempublikasikan artikelnya pada jurnal terakreditasi dan bereputasi,“ ungkap Kaprodi PBIN FKIP UT Ibu Nunung Supratmi, S.Pd., M.Pd. pada kesempatan penyampaian laporan kegiatan. Beliau menutup laporannya dengan sajak berjudul Sajak Kecil Tentang Cinta karya Sapardi Joko Darmono.

Acara selanjutnya dibuka oleh Dekan FKIP UT Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa teknologi penting untuk meningkatkan produktivitas, mempertajam visualisasi agar infomasi yang disajikan semakin jelas dan kuatkan presentasi agar presentasi menjadi menarik dan tidak ditinggalkan siswa.  Dalam era teknologi, guru jangan kalah dibandingkan para siswanya yang merupakan generasi Z.  Guru Ketika mengajar di dalam kelas atau ketika melakukan presentasi dengan menarik tentu tidak akan membuat bosan atau meninggalkan kita. Pesan Bu Dekan, “Kita perlu menguasai teknologi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan untuk mendukung produktivitas, mempertajam visualisasi  membuat yang disajikan menjadi jelas, menguatkan presentasi agar menarik”.

Acara juga dimeriahkan oleh Musikalisasi Puisi dengan tajuk “Hujan Bulan Juni “ karya Sapardi Joko Damonodi oleh Ibu Arini Noor Izzati, S.Pd, Nova Tri Prasetoyo, M.Pd., dan Adrian Raski, S.S., M.Hum.

Seminar Akademik Prodi PBIN terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama Seminar Akademik utama dengan pembicara Bapak Fajri Ma’rifatullah dimoderatori oleh Refisa Ananda, M.Pd yang merupakan dosen PBIN. Pembicara memaparkan materi mengenai Teknologi Presentasi, Visualisasi Efektif, dan Skill Presentasi. Materi beliau membahas pentingnya visualisasi dan keterampilan presentasi dalam seminar akademik, menyoroti tantangan dalam desain presentasi seperti kelebihan teks, pemilihan warna dan font, dan tata letak. Penggunaan ukuran font yang berbeda untuk komunikasi yang efektif. Beliau juga membahasa penggunaan AI untuk membantu visual saat presentasi. Beliau membahas pentingnya visualisasi dan keterampilan dalam seminar akademik.

Sesi kedua dibagi dalam diskusi paralel yang disajikan oleh pemakalah dari mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Berbicara Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan dimoderatori oleh Dosen PBIN. Kegiatan seminar akademik mahasiswa pun dimoderatori oleh dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBIN). Tercatat jumlah pemakalah 118 orang yang dibagi dalam 50 kelompok melalui breakout room zoom conference.

Rangkaian acara Seminar Akademik ini telaksana dengan baik dengan dukungan berbagai pihak, baik penanggung jawab seminar, ketua pelaksana, sekretaris, kordinator prosiding, tim prosiding, kordinator pemakalah mahasiswa, moderator paralel, tim teknologi informasi, tim dokumentasi dan seluruh pihak yang telah membantu. (BP)