Perkuat Kolaborasi melalui Kegiatan Visiting Scientist dan Staff Exchange ke Anadolu University, Turki

Sebagai bagian dari program EQUITY (Enhancing Quality Education for International University Recognition) untuk menuju World Class University, Universitas Terbuka mengirimkan 5 delegasi untuk mengikuti kegiatan Visiting Scientist dan Staff Exchange ke Anadolu University, Turki.

Dalam kesempatan tersebut, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengirimkan 2 wakilnya yaitu Siti Hadianti, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Dra. Eko Kuswanti, M.Pd., dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sekaligus Manajer Pengembangan, Pengendalian Mutu, dan Manajemen Risiko pada KPM.

Pada hari pertama, tim berdiskusi dengan penanggungjawab program ini yaitu Assoc. Prof. Dr. Serpil Kocdar. Beliau kemudian memberikan presentasi secara umum tentang Faculty of Open Education, Anadolu University. Acara dilanjutkan dengan penyerahan token of appreciation kepada Dr. Serpil dan juga diskusi terkait MoA dan IA kegiatan yang dilakukan ini. Kegiatan selanjutnya adalah pertemuan dengan Dr. Asu dari Quality Assurance Unit di mana tim mendapatkan informasi dan insight terkait pengelolaan kualitas pembelajaran di Anadolu University.

Keesokan harinya, tim mengunjungi stand mahasiswa Indonesia yang turut serta pada kegiatan Spring Festival  2024 bertajuk “Student Fair and International Student Culture Day” di Anadolu Park. Setelah berkeliling, tim kembali menuju Faculty of Open Education untuk bertemu dengan Dr. Erdem yang merupakan Vice Dean di Student Affairs Department serta diajak berkeliling untuk bertemu dengan para staf.

Selanjutnya adalah kunjungan ke Learning Technologies and R&D Department and Data Analytics dengan Dr Sinan di TV Studios Building. Terakhir, tim bertemu dengan Dr. Nejdet yang merupakan Head of Assessment Department. Ini adalah unit terakhir yang delegasi UT kunjungi.

Kegiatan ditutup dengan international community service dengan menampilkan kostum daerah dan presentasi budaya dengan tema “Exploring Indonesian Culture” yang dilaksanakan secara hybrid. Acara dihadiri oleh staf dan mahasiswa secara luring dan daring. Tim menggunakan kostum dari beberapa daerah di Indonesia dan juga menyajikan rendang kepada peserta yang hadir. Acara disambut dengan meriah dan antusias.

Harapannya kegiatan ini dapat menjadi salah satu wadah dalam memperkuat kolaborasi, baik dalam area pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat antar kedua institusi di masa depan.