• Home
  • FKIP-UT Menuju Cyber University
Workshop UNESA
  • admin
  • March 07,2019

FKIP-UT Menuju Cyber University

Dalam rangka menyokong dan turut mensukseskan Universitas Terbuka (UT) mejadi cyber university, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT menyelenggarakan Workshop Tahap I Pengembangan Kit Tutorial, Bahan Ajar Tutorial Online, dan Bahan Ujian bekerja bersama dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Surabaya. Workshop diselenggarakan di Ruang Rapat Auditorium Prof. Slamet Dajono, Lt. 3, Unesa, Selasa-Rabu (05-06/02/2019) dihadiri oleh Dr. H. Nursalim M.Pd. (Dekan FIP Unesa), Dekan FMIPA Unesa yang diwakili oleh Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes. (Wakil Dekan Bidang Akademik/Wadek I) FMIPA Unesa, dan Dekan FKIP-UT yang diwakili Drs. Jamaludin, M.Si (Wadek I FKIP-UT) serta oleh 49 dosen FMIPA Unesa, dan 19 dosen FIP Unesa. Bertindak sebagai narasumber adalah Dr. Kartono, M.Si., sementara fasilitator adalah Dr. Dodi Sukmayadi, M.Sc. Ed., Drs. Hanafi, M.Pd. dan Drs. Leonard Hutasoit, M.Pd.

 

FKIPut_Cyber University

Dalam laporannya, Drs Jamaludin, M.Si., selaku Ketua Penyelenggara Workshop, menyampaikan bahwa Workshop direncanakan dilaksanakan dalam 4 tahap. Ke-4 tahap Workshop tersebut bertujuan untuk menghasilkan sebanyak 70 set kit tutorial, bahan ajar tutorial online, dan bahan ujian. Workshop dibuka oleh Dekan FIP Unesa. Dekan FIP Unesa menyampaikan bahwa Unesa sudah sejak lama menjalin kerja bersama dengan UT. Beliau juga menyambut baik amanah dari UT untuk mengembangkan berbagai produk akademik UT dan sekaligus beliau mengajak kepada seluruh dosen peserta Workshop untuk dengan sungguh-sungguh menunaikan amanah tersebut.

 

Dr. Kartono

Dr. Kartono, M.Si. , selaku narasumber, menyampaikan konsep dan teknis pengembangan kit tutorial berupa rancangan aktivitas tutorial (RAT), satuan aktivitas tutorial (SAT) baik untuk tutorial online maupun tutorial tatap muka, kisi-kisi dan soal tugas tutorial, rancangan bahan pertemuan tutorial serta kisi-kisi tes sumatif. Penyajian konsep dan teknis pengembangan diselingi dengan presentasi dan diskusi sampel RAT, SAT, kisi-kisi dan soal tugas tutorial serta kisi-kisi tes sumatif. Peserta dengan kombinasi metode workshop tersebut mendapat penguatan dan penyamaan persepsi mengenai produk kit tutorial yang diperlukan FKIP-UT.