Enter your keyword

post

RAPAT TINJAUAN MANAJEMEN AKADEMIK

RAPAT TINJAUAN MANAJEMEN AKADEMIK

RAPAT TINJAUAN MANAJEMEN AKADEMIK, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS TERBUKA (RTM FKIP UT) TAHUN 2021.

 

UT PONDOK CABE, 04/01/2022 – Kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Akademik FKIP UT Tahun 2022 ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UT, Dr. Mohamad Yunus, S.S, M.A, yang dilaksanakan dari tanggal 3-5 Januari 2022, di Gedung Serba Guna (GSG) dan Auditorium Fakultas Sain dan Teknologi (FST) UT Pondok Cabe.

 

Pada pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh peserta RTM yaitu Ketua Jurusan IP, Pendidikan Dasar, PMIPA, PBS, PIPS, dan MKDU, Ketua Program Magister Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Kaprodi Pendidikan Kimia, Fisika, Matematika, Biologi, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Pancasila dan Kewarganegaraan, Teknologi Pendidikan, PGSD, PGPAUD, Kaprodi Magister Pendidikan Matematika, Pendidikan Dasar, Pendidikan Bahasa Inggris, Sub. Koordinator Keuangan, Sub Koordinator Kepegawaian dan Umum, dan Sub. Koordinator Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan FKIP, UT.

 

Diawali dengan laporan dari Ketua Panitia, Dr. Ucu Rahayu, M.Sc, Dekan FKIP UT, menyampaikan bahwa, _”RTM Akademik FKIP UT ini merupakan agenda yang diselenggarakan oleh FKIP UT sebagai upaya untuk meningkatkan layanan akademik fakultas kepada mahasiswa. RTM Akademik merupakan upaya perbaikan berkelanjutan dari kegiatan akademik FKIP. Layanan akademik yang efektif dan efisien akan meningkatkan kompetensi mahasiswa hingga dapat mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan FKIP.

 

Untuk dapat meningkatkan layanan perlu diadakan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan, menganalisa kendala dan peluang yang ada, kemudian merencanakan kegiatan selanjutnuya yang bertitik tolak dari hasil evaluasi dan analisis. RTM Akademik tahun ini melibatkan seluruh unsur pimpinan FKIP dan perwakilan satuan tugas (satgas) pengembangan bahan ajar, layanan bantuan belajar, penelitian dan publikasi, serta pengabdian kepada masyarakat”,_ ujar Dekan FKIP mengawali laporannya.

 

Ketua Panitia menambahkan bahwa, ”Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan evaluasi kegiatan akademik FKIP UT tahun 2021, yang dilaksanakan oleh setiap program studi dan untuk merencanakan kegiatan tahun 2022. Sedangkan target hasilnya adalah laporan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik, keuangan, dan kemahasiswaan serta kerjasama FKIP. Laporan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik oleh setiap Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi. Laporan Asesmen Manajemen Internal (AMI) setiap program studi dan Rencana Kerja tahun 2022, sampai jadwal kegiatan”, demikian disampaikan Ketua Panitia mengakhiri laporannya.

 

Selanjutnya, dalam arahannya, Wakil Rektor Bidang Akademik UT, Dr. Mohamad Yunus, S.S, M.A, menyampaikan bahwa ” Menghadapi perubahan dan penataan dalam sistem pendidikan secara utuh dan menyeluruh, terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan dan relevansinya dengan kebutuhan masyarakat, perlu dilakukan upaya pembaharuan atau inovasi dalam bidang Pendidikan. Inovasi adalah suatu perubahan yang baru yang menuju kearah perbaikan”, ujar Wakil Rektor I Universitas Terbuka dalam arahannya saat membuka kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Akademik FKIP UT Tahun 2022.

 

Lebih jauh beliau menegaskan bahwa ” Tujuan utama inovasi, yakni meningkatkan sumber-sumber tenaga, uang dan sarana termasuk struktur dan prosedur organisasi. Tujuan inovasi pendidikan adalah meningkatkan efisiensi, relevansi, kualitas dan efektivitas: sarana serta jumlah peserta didik sebanyak-banyaknya dengan hasil pendidikan sebesar-besarnya (menurut kriteria kebutuhan peserta didik, masyarakat dan pembangunan)”, ujar Warek bidang Akademik dalam sambutannya.

 

UT PONDOK CABE, 4 Januari 2022
*) Dosen Prodi Teknologi Pendidikan
FKIP Universitas Terbuka
#Menulis Caraku Mengikat Ilmu

No Comments

Leave a Reply