Visi & Misi Program Studi Pendidikan Kimia

Visi Program Studi S1 Pendidikan Kimia FKIP-UT(FKIP) unggul dalam menghasilkan pendidik Kimia profesional melalui sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh.

Misi Program Studi S1 Pendidikan Kimia FKIP-UT

  1. Meningkatkan kualitas sistem penyelenggaraan dan layanan pendidikan untuk menjawab kebutuhan pendidik Kimia profesional.
  2. Memperluas akses pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh dalam bidang pendidikan Kimia secara nasional, regional, internasional.
  3. Menghasilkan dan mendiseminasikan temuan kajian keilmuan, teknologi, dan seni bidang pendidikan Kimia untuk meningkatkan kualitas pendidik Kimia.

Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Kimia FKIP-UT

  1. Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi pendidik Kimia melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ.
  2. Menghasilkan pendidik Kimia profesional yang mampu berkiprah secara global.
  3. Memperluas akses partisipasi masyarakat dalam pendidikan berkelanjutan guna mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society).
  4. Menghasilkan produk-produk akademik dalam bidang kependidikan dan keilmuan Pendidikan Kimia, serta ke- PJJ-an.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengembangan bidang kependidikan dan keilmuan Kimia, serta ke PJJ-an.
  6. Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian bidang kependidikan dan keilmuan Kimia, serta ke PJJan.
  7. Meningkatkan kemitra an dan jaringan kerja sama lintas budaya untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Capaian Pembelajaran

  • Kemampuan Kerja

Lulusan Program Studi ini mampu memiliki:

  1. Karakter unggul dan wawasan yang luas, serta penguasaan kompetensi profesional yang baik sebagai guru Kimia untuk pencapaian hasil kerja organisasi.
  2. Pengetahuan dan kemampuan akademik rumpun ilmu kependidikan dan keguruan Pendidikan Kimia secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Kemampuan mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam penyelesaian masalah kependidikan dan keguruan bidang Kimia serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  4. Kemampuan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi serta data bidang pembelajaran Kimia serta mampu memberi petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  • Penguasaan Pengetahuan

Lulusan Program Studi ini mampu memiliki:

  1. Ilmu kependidikan terkait dengan pengembangan peserta didik, pengembangan bahan ajar, metodologi penelitian pendidikan, manajemen berbasis sekolah.
  2. Landasan profesi keguruan meliputi pengembangan dan inovasi kurikulum, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, penelitian tindakan kelas, keprofesian guru, dan praktek-praktek keguruan.
  3. Keilmuan kimia yang meliputi Kimia anorganik, Kimia organik, Kimia Analitik, Kimia fisika dan Kimia terapan.
  • Penguasaan Pengetahuan

Lulusan Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UT mampu menunjukkan sikap ke-Tuhan-an Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, memiliki nasionalisme, menghargai keanekaragaman sosial budaya, menghargai pendapat orang lain, memiliki kepekaan dan kepedulian sosial, taat hukum, dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. Selain itu, mampu menginternalisasi nilai dan norma dalam etika akademik, mengembangkan sikap positif terhadap kemandirian belajar dan pembelajaran seumur hidup, dan menciptakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas kehidupan pribadi dan masyarakat.

 

Lulusan program studi ini juga terampil dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan dengan menerapkan humaniora, mengkaji implikasi dari penerapannya, menyusun deskripsi saintifik dari hasil kajiannya, menetapkan keputusan tepat berdasarkan hasil kajiannya, mendokumentasikan dan mengamankan data dan hasil kajiannya, melakukan evaluasi diri dan evaluasi terhadap pekerjaan, serta memelihara dan mengembangkan jaringan kerja, baik internal maupun eksternal.